Selasa 29 Jun 2021 05:15 WIB

Bagaimana Muslim Memperlakukan Kelompok Disabilitas

Di mata Allah semua manusia adalah sama.

Rep: Mabruroh/ Red: Ani Nursalikah
Bagaimana Muslim Memperlakukan Kelompok Disabilitas. Ilustrasi
Foto:

"Itu karena mereka tidak memiliki bias seperti yang cenderung dimiliki orang sehat. Mereka melihat Anda sebagai manusia dan mereka hanya peduli apakah Anda tulus memperhatikan dan mendukung mereka," kata Csanyi.

Sejak menjadi sukarelawan di LSM tersebut, Csanyi sempat mendapatkan beberapa pertanyaan. Beberapa menanyakan, bagaimana bisa mengatasi mereka yang memiliki kekurangan mental dan yang lain menanyakan kondisinya,  apakah tidak tertekan berada di sekitar mereka yang mengidap gangguan mental.

"Jujur saja, tidak sama sekali. Sebaliknya, orang-orang yang tidak bersalah dan biasanya sangat ramah ini (penderita down syndrome) dapat memberi Anda begitu banyak energi, motivasi, dan perasaan positif yang mungkin tidak pernah Anda dapatkan dari orang normal," jelas Csanyi.

"Mereka terus-menerus mengingatkan Anda untuk bersyukur kepada Allah atas nikmat yang telah Dia berikan kepada Anda. Kadang-kadang Anda bahkan mungkin merasa cemburu pada mereka karena mereka sering melihat kehidupan melalui kacamata merah muda, mereka tidak menyadari sisi gelap dunia kita, mereka tidak peduli dengan berita media, tidak berbicara tentang politisi, korupsi, ketidakadilan, dan banyak masalah lain yang kebanyakan orang di abad ke-21 menyibukkan pikiran mereka setiap hari, dan yang terpenting, mereka diberikan Jannah karena kondisi mereka," jelas Csanyi.

Allah berfirman, "Allah memerintahkan kita untuk tidak pernah memandang rendah, mencap, atau mengejek orang lain - seperti penyandang disabilitas - karena mungkin mereka lebih baik dari kita”. (Al Hujurat ayat 11).

 

https://aboutislam.net/family-life/your-society/muslims-look-disability/

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement