Selasa 22 Jun 2021 05:05 WIB

Ahmadullah Shah, Patriot Muslim India yang Melawan Inggris

MA India memastikan kemungkinan Masjid Ayodhya didedikasikan untuk Ahmadullah Shah.

Rep: Meiliza Laveda/ Red: Ani Nursalikah
Ahmadullah Shah, Patriot Muslim India yang Melawan Inggris. Ini Penampakan Desain Masjid Ayodhya di India
Foto: Desain Masjid Ayodhya baru
Ahmadullah Shah, Patriot Muslim India yang Melawan Inggris. Ini Penampakan Desain Masjid Ayodhya di India

REPUBLIKA.CO.ID, NEW DELHI -- Ahmadullah Shah adalah seorang Muslim taat yang berjuang melawan Inggris untuk kemerdekaan India. Dia dibunuh saat memimpin pemberontakan bersenjata.

Untuk mengenang jasanya, Mahkamah Agung India telah memastikan kemungkinan Masjid Ayodhya didedikasikan untuk Ahmadullah Shah. Anggota lembaga bertanggung jawab mengembangkan tanah yang diberikan sebagai pengganti Masjid Babri. Sekretaris Indo Islamic Cultural Foundation (IICF) Athar Hussain mengatakan amanah tersebut akan diumumkan secara resmi setelah musyawarah.

Baca Juga

Siapa Ahmadullah Shah?

Ahmadullah lahir di keluarga prajurit bangsawan Awadh dan dikenal sebagai 'Mercusuar Pemberontakan'. Dia terkenal karena memulai pemberontakan tahun 1857.

 

Sang ayah, Ghulam Hussain Khan, adalah seorang pejabat senior di pasukan Haider Ali penguasa de facto Mysore. Nenek moyang Ahmadullah adalah eksponen besar persenjataan.

Berasal dari keluarga kaya, Ahmadullah menguasai bahasa Inggris dengan baik. Dia adalah seorang siswa pendidikan Islam tradisional dan telah dilatih berperang.

 

Yuk gabung diskusi sepak bola di sini ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement