Jumat 18 Jun 2021 04:55 WIB

5 Cara Meneguhkan Ketaqwaan Sepanjang Tahun

Ingat, konsistensi dan langkah kecil adalah kuncinya.

Rep: Alkhaledi Kurnialam/ Red: Ani Nursalikah
5 Cara Meneguhkan Ketaqwaan Sepanjang Tahun. Ilustrasi Takwa/taqwa
Foto:

Bersedekah setiap hari

Ciri selanjutnya orang yang bertaqwa adalah yang gemar berbagi kepada sesama. Sedekah disebut adalah penguat taqwa dan karena apa pun yang kita punya adalah pemberian dari Allah SWT.

Kita bisa menetapkan sendiri target sedekah (amal) harian, misalnya setiap hari melakukan setidaknya satu tindakan sedekah dengan uang Anda, satu dengan tubuh Anda, dan satu tindakan amal rahasia.

Sebagai contoh adalah dengan berupaya memberikan sebagian harta untuk diberikan kepada anak yatim atau janda. Bisa juga dengan cara setiap hari dengan sadar tersenyum pada seseorang, memberikan pujian, membantu seseorang dengan tugas sederhana, mengajari seseorang satu sunnah atau perbuatan baik, memilih untuk berbicara lembut, melarang kejahatan, berbagi makanan dengan tetangga, memberikan nasihat yang baik, betapa pun kecilnya, niat itu adalah sedekah.

Jaga juga sholat dhuha karena dengannya kita bisa bersedekah atas nama setiap tulang di tubuh kita. Nabi Muhammad SAW bersabda:

"Di pagi hari, setiap sendi Anda harus membayar sedekah (amal). Setiap Subhanallah adalah sedekah, setiap Alhamdulillah adalah sedekah, setiap La Ilaha Illa Allah adalah sedekah, setiap Allahu Akbar adalah sedekah, setiap perintah yang baik adalah sedekah, dan setiap mencegah keburukan adalah sedekah, dan semua ini dicapai melalui dua rakaat seseorang dapat berdoa di Duha [sholat]." ( HR. Muslim)

 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement