Selasa 15 Jun 2021 07:35 WIB

Tata Cara Sholat Malam Ala Nabi Muhammad SAW

Tata cara sholat malam beragam.

Rep: Rossi Handayani/ Red: Ani Nursalikah
Tata Cara Sholat Malam Ala Nabi Muhammad SAW

Di samping itu, tingkat suara yang dianjurkan saat sholat malam berdasarkan hadits dari Bukhari dan Muslim yakni Rasulullah terkadang membaca dengan lirih dan terkadang membacanya dengan keras. "Apabila beliau sholat di dalam rumah dan membaca Alquran, bacaan beliau tersebut bisa didengar oleh orang yang berada di dalam kamar," (HR Abu Dawud dan At-Tirmidzi).

"Terkadang beliau mengeraskan suaranya lebih dari itu sehingga bacaan beliau bisa didengar oleh orang yang berada ruangannya (maksudnya di luar kamar)" (HR an-nasai, At-Tirmidzi dan al-Baihaqi).

Cara seperti inilah yang beliau perintahkan kepada Abu Bakar dan Umar, yaitu ketika "Beliau keluar pada suatu malam, lalu beliau mendengar Abu Bakar yang sedang sholat dan membaca dengan suara pelan. Kemudian beliau melewati Umar bin al-Khattab yang sedang sholat dan membaca dengan suara keras. 

Ketika keduanya berkumpul di sisi Rasulullah, beliau bertanya, "Wahai Abu Bakar, aku melewatimu dan engkau sedang sholat dengan suara pelan?"Abu Bakar menjawab, "Aku telah memerdengarkannya kepada Dzat tempat aku bermunajat, wahai Rasulullah!" 

Kemudian beliau bertanya kepada Umar, "Aku telah melewatimu dan engkau sedang sholat dengar suara keras?' Umar menjawab, "Wahai Rasulullah! Aku melakukannya untuk menghilangkan kantuk dan mengusir setan". Nabi kemudian bersabda, "Wahai Abu Bakar! Keraskan sedikit suaramu" dan beliau bersabda kepada Umar, ("Rendahkan sedikit suaramu"). (HR Abu Dawud dan Al-Hakim).

Rasulullah bersabda, "Orang yang membaca Alquran dengan suara keras sama dengan orang yang bersedekah terang-terangan. Orang yang membaca Alquran dengan pelan sama dengan orang yang bersedekah sembunyi-sembunyi," (HR Abu Dawud dan Al-Hakim).

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement