Selasa 15 Jun 2021 07:35 WIB

Tata Cara Sholat Malam Ala Nabi Muhammad SAW

Tata cara sholat malam beragam.

Rep: Rossi Handayani/ Red: Ani Nursalikah
Tata Cara Sholat Malam Ala Nabi Muhammad SAW

Kedua, cara yang disampaikan Aisyah Radhiyallahu anhuma, yaitu Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam memulai sholatnya dengan mengerjakan dua rakaat yang pendek. Lali, beliau menyempurnakan rutinitasnya melakukan sholat sebanyak 11 rakaat. Pada tiap dua rakaat beliau salam dan melakukan witir satu rakaat. 

Ketiga, 13 rakaat seperti cara yang kedua. 

Keempat, Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam melakukan sholat malam sebanyak delapan rakaat dengan salam pada tiap-tiap dua rakaat. Kemudian, sholat witir sebanyak lima rakaat sekaligus tanpa duduk kecuali pada rakaat akhir. Cara ini diriwayatkan oleh Muslim dalam kitab Shalaatul Musaafiriin wa Qashriha.

Untuk waktu sholat malam, dapat dikerjakan di awal, pertengahan, atau akhir malam. Ini semua pernah dilakukan oleh Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam. Sebagaimana Anas bin Malik -pembantu Nabi shallallahu alaihi wa sallam mengatakan,

مَا كُنَّا نَشَاءُ أَنْ نَرَى رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فِي اللَّيْلِ مُصَلِّيًا إِلَّا رَأَيْنَاهُ وَلَا نَشَاءُ أَنْ نَرَاهُ نَائِمًا إِلَّا رَأَيْنَاهُ

"Tidaklah kami bangun agar ingin melihat Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam di malam hari mengerjakan sholat kecuali pasti kami melihatnya. Dan tidaklah kami bangun melihat beliau dalam keadaan tidur kecuali pasti kami melihatnya pula" (HR Bukhari).

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement