Selasa 08 Jun 2021 04:15 WIB

Benarkah Malaikat Jibril Mempunyai Ratusan Sayap?

Rasulullah SAW beberapa kali melihat fisik asli dari malaikat Jibril

Rep: Rossi Handayani/ Red: Nashih Nashrullah
Rasulullah SAW beberapa kali melihat fisik asli dari malaikat Jibril. Ilustrasi malaikat Jibril
Foto: Mast Irham/EPA
Rasulullah SAW beberapa kali melihat fisik asli dari malaikat Jibril. Ilustrasi malaikat Jibril

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA - Malaikat Jibril merupakan utusan Allah SWT kepada para nabi dan rasul-Nya. Dia menyampaikan pesan-pesan Allah SWT dengan penuh ketulusan dan kejujuran tanpa perubahan apa pun. Dan seperti apa cirinya?

Dikutip dari lama Mawdoo3 pada Senin (7/6), Nabi Muhammad mengabarkan bahwa malaikat jibril memiliki 600 sayap. Dari Abdullah bin Mas'ud RA  mengatakan: 

Baca Juga

 أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ رَأَى جِبْرِيلَ لَهُ سِتُّمِائَةِ جَنَاحٍ "Nabi Muhammad SAW melihat Jibril, dengan 600 sayap." (HR Muslim).

Nabi Muhammad ﷺ dapat melihat malaikat Jibril dalam bentuk aslinya. Beliau melihat malaikat Jibril dalam bentuk asli hanya dua kali. Sisanya, dia diutus dalam bentuk manusia.  

 

Pertama kali datang dalam wujud malaikat, Rasulullah ﷺ melihatnya turun di atasnya dari langit di Gua Hira. Beliau sampai ketakutan melihatnya, dan jatuh ke tanah. 

Begitu pulang, Nabi pun segera menjumpai istrinya, Khadijah RA dan meminta untuk diselimuti. Dalam kejadian ini, surat  Al Muddatsir diturunkan. Kemudian Nabi ﷺ melihat Jibril untuk kedua kalinya, ketika beliau melakukan Mi’raj ke Sidratul Muntaha, suatu tempat yang merupakan batas alam yang dapat diketahui para malaikat.

 

Sumber: mawdoo3 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement