Ahad 06 Jun 2021 11:50 WIB

Reaksi Iblis Saat Muslim Baca Ayat Sajadah Lalu Bersujud

Iblis menangis saat Muslim melaksanakan sujud tilawah

Rep: Ali Yusuf/ Red: Nashih Nashrullah
Iblis menangis saat Muslim melaksanakan sujud tilawah usai membaca ayat sajadah. ilustrasi
Foto: Reuters
Iblis menangis saat Muslim melaksanakan sujud tilawah usai membaca ayat sajadah. ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA— Di antara ayat-ayat Alquran ada ayat sajadah yang disunnahkan ketika membacanya melakukan sujud tilawah. Saat itu ketika seorang hamba sujud tilawah ini akan membuat setan bersedih (menangis). 

"Setan akan berduka, bersedih dan menangis bila hamba Allah SWT yang sedang membaca ayat sajadah kemudian sampai pada bacaan peringatan perintah untuk sujud. Maka ia melakukan sujud dengan penuh tawadhu," kata Ibnu Hasan Bisry At-Turjani dalam bukunya "Hamba-Hamba yang Selamat Dari Tipu Daya Musuhnya." 

Baca Juga

Menurut Ibnu Hasan Bisry, setan menangis itu karena setan akan terkenang kejadian masa lalu ketika Allah SWT perintahkan kepada-Nya bersama para malaikat untuk sujud kepada Adam. Para malaikat dengan penuh kerendahan hati bersujud, sedangkan iblis berdiri dengan pongah, penuh kesombongan dan kedengkian. "Padahal ia tahu sujud itu datangnya dari Allah Yang Maha Pencipta yang menciptakannya," katanya.  

Mengapa setan harus membangkang, takabur, ujub, dan sifat-sifat buruk lainnya, hingga semuanya harus dia bayar dengan mahal yakni berupa kedurhakaan, yang menjerumuskannya menjadi makhluk terlaknat. Setan menjadi mahkluk pembangkang yang ingkar, dihinakan, dan terusir?  "Ketahuilah penyesalan kesedihan dan kedukaan masa lalu, yang membuat setan akan menangis bila orang-orang sujud tilawah," katanya. 

Ibnu Hasan Bisry mengatakan hal ini sesuai dengan hadis yang diriwayatkan Imam Muslim yang bersumber dari Abu Hurairah RA bahwa Rasulullah SAW bersabda: 

عن أبي هريرة رضي الله عنه قال : قال رسول الله صلى الله عليه وسلم إذا قَرَأَ ابنُ آدَمَ السَّجْدَةَ فَسَجَدَ اعْتَزَلَ الشَّيْطانُ يَبْكِي، يقولُ: يا ويْلَهُ، وفي رِوايَةِ أبِي كُرَيْبٍ: يا ويْلِي، أُمِرَ ابنُ آدَمَ بالسُّجُودِ فَسَجَدَ فَلَهُ الجَنَّةُ، وأُمِرْتُ بالسُّجُودِ فأبَيْتُ فَلِيَ النَّارُ

"Apabila anak Adam  membaca surat dan ayat sajadah lalu sujud tilawah maka setan akan pergi sambil menangis dan berkata aduh celakalah aku! Anak Adam disuruh sujud oleh Allah dan ia sujud, maka ia mendapat surga sedangkan aku disuruh sujud tetapi membangkang, maka aku akan mendapat neraka."  

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement