Jumat 04 Jun 2021 14:50 WIB

Proses Terpilihnya Utsman Bin Affan Sebagai Khalifah

Utsman bin Affan terpilih sebagai khalifah melalui musyawarah dan baiat

Rep: Rossi Handayani/ Red: Nashih Nashrullah
Utsman bin Affan terpilih sebagai khalifah melalui musyawarah dan baiat. (ilustrasi) utsman bin affan
Foto:

Ali bertanya, "Siapa?" jawabku, "Utsman bin Affan." Ali bertanya lagi, "Siapa yang dia panggil pertama kali di antara kami?" Jawabku, "Beliau tidak menyuruhku seperti itu, tetapi dia katakan terserah padamu siapa yang terlebih dahulu engkau panggil dan akhirnya aku mendatangimu."  Maka Ali pun pergi keluar bersamaku. Tatkala kami melintasi rumah Utsman bin Affan, Ali duduk dan aku masuk ke dalam rumah, aku dapati beliau sedang melaksanakan sholat witir menjelang fajar. Lantas dia bertanya sebagaimana yang ditanyakan Ali kepadaku, lantas dia pun keluar. 

Kemudian kami menghadap kepada pamanku yang sedang melaksanakan sholat. Ketika selesai mengerjakan sholat, beliau mendatangi Ali dan Utsman seraya berkata, "Sesungguhnya aku telah bertanya kepada masyarakat tentang kalian berdua dan tidak seorang pun dari mereka yang lebih mengistimewakan antara kalian berdua". Kemudian beliau mengambil perjanjian dari mereka berdua jika menempati jabatan tersebut harus bersikap adil dan jika tidak, maka dia harus mendengar dan menaati. 

Lantas, Abdurrahman membawa mereka ke masjid. Waktu itu Abdurrahman memakai serban yang dipakaikan Rasulullah ﷺ sambil membawa pedang. Beliau mengutus ke tengah-tengah masyarakat Muhajirin dan Anshar lalu diserukan untuk sholat berjamaah. 

Maka, masjid menjadi penuh dan orang-orang saling berdesakkan sehingga tidak ada tempat bagi Utsman untuk duduk kecuali di tempat paling belakang, beliau adalah seorang pemalu. 

Kemudian, Abdurrahman bin Auf naik ke atas mimbar Rasulullah ﷺ dan berdiri sangat lama sambil berdoa dengan doa yang sangat panjang dan tidak terdengar oleh orang banyak lalu berkata, "Wahai sekalian manusia! Aku telah menanyakan keinginan kalian baik secara pribadi maupun di depan umum, namun aku tidak dapati seorang pun yang condong kepada salah seorang dari mereka berdua, baik Ali maupun Utsman. Wahai Ali kemarilah!". 

Maka bangkitah Ali dan berdiri di bawah mimbar kemudian Abdurrahman memegang tangannya seraya berkata, "Apakah engkau mau di bai'at untuk tetap setia menjalankan Alquran, sunnah Nabi-Nya ﷺ dan apa yang telah dilakukan Abu Bakar dan Umar?" Ali Menjawab, "Tidak, akan tetapi akan aku jalankan sesuai dengan kemampuanku".

Lalu Abdurrahman melepaskan pegangannya dan memanggil Utsman, "Wahai Utsman kemarilah!" Maka Utsman pun bangkit dan tangannya dipegang Abdur Rahman lalu bertanya, "Apakah engkau mau dibaiat untuk tetap setia menjalankan Alquran, sunnah Nabi-Nya dan apa yang telah dilakukan Abu Bakar dan Umar?" Utsman menjawab, "Ya!".

Lantas Abdurrahman menengadahkan kepalanya ke atap masjid sambil memegang tangan Utsman dan berkata, "Ya Allah dengarkanlah dan saksikanlah, Ya Allah dengarkanlah dan saksikanlah, Ya Allah dengarkanlah dan saksikanlah, Ya Allah sesungguhnya aku telah alihkan beban yang ada di pundakku ke pundak Utsman bin Affan."

 

 

Sumber: youm7 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement