Kamis 03 Jun 2021 19:31 WIB

Latar Belakang Masyarakat Madinah

Nabi menyatukan dua suku bertikai di Madinah menjadi kaum Anshar.

Latar Belakang Masyarakat Madinah. Kota Madinah tempo dulu.
Foto:

Inilah komunitas pertama masyarakat Madinah, yaitu masyarakat Muslim yang terdiri dari kaum Anshar dan kaum Muhajirin. Disamping itu, sudah lama juga menetap di Madinah orang-orang Yahudi imigran dari Hebron Palestina.

Mereka lari ke tanah Hijaz setelah Palestina Al-Quds dikuasai oleh Romawi. Mereka berakulturasi dengan adat istiadat bangsa Arab, mulai dari pakaian, bahasa, peradaban, nama dan kabilah merekapun berbau Arab, bahkan  terjadi juga hubungan pernikahan dan semenda antara mereka dan bangsa Arab.

Namun mereka tetap menjaga fanatisme golongan, sehingga tidak sepenuhnya melebur dengan bangsa Arab. Melainkan tetap membanggakan keisraelan mereka.

Orang-orang Yahudi itu  menguasai perdagangan. Mereka mengimpor pakaian, biji-bijian, dan khamar serta mengekspor kurma. Orang-orang Yahudi itu juga melipatgandakan harta mereka dengan riba.

Mereka meminjamkan uang kepada pemimpin-pemimpin suku Arab dengan sistem riba. Pemimpin-pemimpin suku itu meminjam uang untuk membayar penyair menggubah syair-syair yang memuji-muji mereka.

 

sumber : Suara Muhammadiyah
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement