Senin 31 May 2021 11:42 WIB

Sepak Terjang Ertugrul Bin Sulaiman Shah

Ertugrul berambisi menyatukan umat Islam.

Sepak Terjang Ertugrul Bin Sulaiman Shah. Kapal Ertugrul
Foto:

Seiring dengan semakin dekatnya hubungan keduanya (Sultan dengan Ertugrul), Sultan Alauddin memberi Ertugrul tanah seluas 1000 km2 di daerah Sogut dekat wilayah Bilecik. Kemudian, Ertugrul menempuh perjalanan sejauh 900 km menuju Kota Eskisehir yang terletak di antara Konstantinopel (waktu itu masih di bawah kekuasaan Konstantinopel) dan Konya (ibu kota Kerajaan Saljuk).

Atas bantuan Ertugrul, Sultan Alauddin memberi dia sejumlah daerah dan kota untuk dikuasai olehnya. Bila Sultan terlibat perang dengan negara-negara tetangga, dia selalu mengandalkan Ertugrul dan bala tentaranya.

Setelah meraih kemenangan dalam setiap pertempuran, Ertugrul selalu diberi tanah kekuasaan baru dan harta kekayaan yang besar. Sultan Alauddin menggelari kabilahnya dengan nama pasukan garda depan Sultan, karena selalu berada di depan pasukan perang dan setiap perang yang diikuti oleh Ertugrul akan berakhir dengan kemenangan.

Dia sendiri dianugerahi gelar Uc Beki yang artinya penjaga wilayah perbatasan. Uc Beki adalah gelar prestisius yang diberikan kerajaan dalam Kerajaan Saljuk.

https://suaramuhammadiyah.id/2021/05/28/sepak-terjang-ertugrul-bin-sulaiman-shah/

sumber : Suara Muhammadiyah
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement