Jumat 28 May 2021 21:18 WIB

Jenis-Jenis Pekerjaan atau Profesi yang Diisyaratkan Alquran

Alquran mengisyaratkan pekerjaan yang banyak beredar di masyarakat

Rep: Muhyiddin/ Red: Nashih Nashrullah
Alquran mengisyaratkan pekerjaan yang banyak beredar di masyarakat. Ilustrasi pembuat perahu
Foto: ANTARA/Dedhez Anggara
Alquran mengisyaratkan pekerjaan yang banyak beredar di masyarakat. Ilustrasi pembuat perahu

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Alquran memiliki dampak yang besar pada ilmu pengetahuan, dan Alquran telah menyebutkan dasar-dasar profesi yang dijalani umat manusia sekarang ini, termasuk nama-nama alat yang digunakan.  

Seperti dikutip dari laman Alukah, dalam Alquran yang agung terdapat dasar-dasar kerajinan dan nama-nama alat yang diperlukan, termasuk profesi kerajinan besi. Hal ini seperti termaktub dalam surat Al Kahfi ayat 96,  Allah berfirman:  

Baca Juga

آتُونِي زُبَرَ الْحَدِيدِ ۖ حَتَّىٰ إِذَا سَاوَىٰ بَيْنَ الصَّدَفَيْنِ قَالَ انْفُخُوا ۖ حَتَّىٰ إِذَا جَعَلَهُ نَارًا قَالَ آتُونِي أُفْرِغْ عَلَيْهِ قِطْرًا “Berilah aku potongan-potongan besi!” Hingga ketika (potongan) besi itu telah (terpasang) sama rata dengan kedua (puncak) gunung itu, dia (Zulkarnain) berkata, “Tiuplah (api itu)!” Ketika (besi) itu sudah menjadi (merah seperti) api, dia pun berkata, “Berilah aku tembaga (yang mendidih) agar kutuangkan ke atasnya (besi panas itu).” (QS Al Kahfi 96).

Selain itu, Alquran juga memuat tentang dasar profesi pertukangan. Dalam surat Hud ayat 37, Allah berfirman: 

وَاصْنَعِ الْفُلْكَ بِأَعْيُنِنَا وَوَحْيِنَا وَلَا تُخَاطِبْنِي فِي الَّذِينَ ظَلَمُوا ۚ إِنَّهُمْ مُغْرَقُونَ “Dan buatlah kapal itu dengan pengawasan dan petunjuk wahyu Kami, dan janganlah engkau bicarakan dengan Aku tentang orang-orang yang zalim. Sesungguhnya mereka itu akan ditenggelamkan.” (QS Hud 37)

Di dalam Alquran juga telah dijelaskan tentang pemintalan, sebuah istilah teknis dalam dunia tekstil. Dalam surat An Nahl ayat 92, Allah berfirman: 

وَلَا تَكُونُوا كَالَّتِي نَقَضَتْ غَزْلَهَا مِنْ بَعْدِ قُوَّةٍ أَنْكَاثًا “Dan janganlah kamu seperti seorang perempuan yang menguraikan benangnya yang sudah dipintal dengan kuat, menjadi cerai berai kembali.” (QS An Nahl 92).

Sedangkan kerajinan menenun dijelaskan dalam surat Al Ankabut ayat 41. Allah SWT berfirman: 

مَثَلُ الَّذِينَ اتَّخَذُوا مِنْ دُونِ اللَّهِ أَوْلِيَاءَ كَمَثَلِ الْعَنْكَبُوتِ اتَّخَذَتْ بَيْتًا “Perumpamaan orang-orang yang mengambil pelindung selain Allah adalah seperti laba-laba yang membuat rumah.” (QS Al Ankabut 41).

Selain itu, Alquran juga memuat profesi seorang petani. Dalam surat Al Waqiah ayat 63, Allah SWT berfirman:  

أَفَرَأَيْتُمْ مَا تَحْرُثُونَ “Pernahkah kamu perhatikan benih yang kamu tanam?.” (QS Al Waqiah 63).

Profesi menulis sebenarnya juga telah dijelaskan di dalam surat Al Alaq ayat 4. Allah SWTberfirman: الَّذِي عَلَّمَ بِالْقَلَمِ “Yang mengajar (manusia) dengan pena.”

Masih banyak kegiatan lainnya yang dijelaskan dalam Alquran. Berbagai kegiatan tersebut menjadi dasar munculnya profesi yang dijalani umat manusia hingga kini. Hal ini menunjukan bahwa Alquran memang diturunkan sebagai petunjuk dan rahmat bagi dunia.

 

 

Sumber: alukah 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement