Kamis 27 May 2021 09:47 WIB

Inilah Infak Para Sahabat Nabi di Jalan Allah SWT

Para sahabat meniru apa yang dilakukan Nabi SAW.

Rep: Imas Damayanti/ Red: Ani Nursalikah
Inilah Infak para Sahabat Nabi di Jalan Allah SWT
Foto:

Aku pun menjawab: “Tidak, kakek. Masih banyak kebaikan yang dia tinggalkan bagi kita”. Lalu aku mengambil kerikil-kerikil dan kuletakkan di sebuah lubang di dalam rumah. Yang mana tempat itulah biasanya Abu Bakar meletakkan hartanya, lalu kuletakkan kain di atasnya. Kupegang tangan kakek, sambil kukatakan kepadanya: letakkan tangan kakek di tempat penyimpanan harta ini.

Setelah meraba tempat itu, kakek berkata: “Tak apalah kalau dia meninggalkan harta ini bagi kalian. Dia memang telah berbuat yang terbaik, dan sudah cukup bagi kalian”. Padahal, demi Allah, ayahku tidak meninggalkan apa pun bagi kami. Aku merasa seperti berbuat itu dengan membuat maksud untuk membuat agar kakek merasa tenang.

Selain kisah infaknya Sayyidina Abu Bakar, sahabat Nabi lainnya, seperti Sayyidina Usman bin Affan, juga menarik untuk disimak. Al-Hakim mentakhrij dari Abdurrahman bin Samurah, dia berkata: “Usman bin Affan menemui Nabi Muhammad SAW untuk menyerahkan 1.000 dinar, ketika beliau sedang mempersiapkan pasukan perang yang sedang menghadapi masa paceklik. Usman menyerahkan uang itu di rumah beliau. Sambil membulak-balikkan uang itu, beliau bersabda: “Usman tidak akan melarat karena apa yang dikerjakannya setelah hari ini”. Nabi mengucapkan kalimat itu hingga berkali-kali. Hadis ini kadarnya shahih.

 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement