Rabu 26 May 2021 20:45 WIB

Hukum Memakan Daging Biawak

Dalam Alquran telah dijelaskan jenis makanan yang haram dan yang halal.

Hukum Memakan Daging Biawak
Foto:

Daging biawak air ini mengandung sejumlah parasit seperti cacing pita jenis sparganosis, yang bisa merusak dan membuat infeksi pada jaringan tubuh manusia. Cacing tersebut akan berkembang biak di usus dan itu sangat berbahaya bagi kesehatan manusia.

Khususnya gangguan pencernaan karena usus tidak berfungsi dengan baik. Dalam tubuh biawak air juga ada bakteri bernama mycobacterium. Bakteri ini bisa menyebabkan penyakit kulit bagi manusia yang mengonsumsinya. (Lihat di https://www.mongabay.co.id/2018/03/27/heran-masih-saja-ada-orang-yang-konsumsi-daging-biawak/)

Baca Juga: Tiga Masjid di Amerika Serikat Ini Merupakan Bekas Gereja

Ketiga, biawak Varanus panoptes atau Argus Monitor merupakan jenis biawak yang hampir mirip dengan biawak air, tetapi ukurannya lebih kecil dan ramping serta berwarna lebih cerah. Biawak Varanus panoptes adalah jenis biawak yang kuat, hidup di padang rumput dan berasal dari selatan Papua Nugini.

Salah satu ciri khas biawak jenis ini adalah mereka bisa berdiri dengan kedua kaki belakangnya yang kuat. Mereka tidak terlalu mahir dalam memanjat dan berenang.

Biawak Argus termasuk jenis biawak yang oportunis, mereka hampir memakan semua jenis serangga dan mamalia kecil. Belum ada yang meneliti lebih lanjut tentang apa yang terkandung dalam tubuh biawak jenis ini. (Lihat di http://reptilicants.blogspot.com/2010/11/argus-monitor-biawak-yang-bisa-berdiri.html)

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement