Rabu 26 May 2021 16:17 WIB

Iseng Membaca Garis Tangan, Termasuk Syirik?

Garis tangan dalam akidah Islam tidak berkaitan dengan nasib.

Rep: Umar Mukhtar/ Red: Ani Nursalikah
Iseng Membaca Garis Tangan, Termasuk Syirik?
Foto:

"Dan sesungguhnya Kami telah menciptakan gugusan bintang-bintang (di langit) dan Kami telah menghiasi langit itu bagi orang-orang yang memandang (nya), dan Kami menjaganya dari tiap-tiap setan yang terkutuk, kecuali setan yang mencuri-curi (berita) yang dapat didengar (dari malaikat) lalu dia dikejar oleh semburan api yang terang." (QS. Al-Hijr Ayat 16-18)

Ustadz Ahmad mengatakan, informasi dusta yang didapat setan disampaikan kepada dukun ramal. Beragam trik penipuan pun dilakukan, salah satunya jasa membaca garis tangan. Orang awam yang tidak punya pemahaman akidah yang lurus sudah bisa dipastikan akan jadi korbannya, meski awalnya hanya sekadar iseng.

Walaupun iseng, perbuatan tersebut dari sudut pandang akidah sangat fatal. Ramalan masa depan itu adalah salah satu pintu dari pintu-pintu syirik. Dia menekankan, kalau dosa syirik sampai terbawa mati tanpa sempat bertobat, maka tidak akan diampuni di akhirat.

"Sesungguhnya Allah tidak akan mengampuni dosa syirik, dan Dia mengampuni segala dosa yang selain dari itu, bagi siapa yang dikehendaki-Nya. Barangsiapa yang mempersekutukan Allah, maka sungguh ia telah berbuat dosa yang besar." (QS. An-Nisa Ayat 48)

 

"Karena itu sebaiknya Anda hindari bermain-main dengan masalah membaca garis tangan, sebab risikonya sungguh tidak main-main," kata Ustadz Ahmad.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement