Kamis 20 May 2021 04:43 WIB

Kisah Kaisar Mali yang Kaya Raya dan Dermawan

Kaisar Mali, Kanku Musa, mungkin adalah orang terkaya yang pernah hidup di Bumi.

Rep: Umar Mukhtar/ Red: Agung Sasongko
Masjid Sankore di Timbuktu, Mali.
Foto:

Dia dianggap sebagai salah satu orang terkaya yang pernah hidup di muka Bumi. Kekayaannya diperkirakan mencapai 400 miliar dolar, menurut beberapa sumber. Selama pemerintahan Kanku Musa, dia mengembangkan perdagangan jarak jauh. Penambangan emas dan garam adalah sumber utama kekayaan kerajaan.

Pada tahun 1324 Kanku Musa pergi berziarah ke Makkah. Kafilahnya terdiri dari 60 ribu pria, 12 ribu pelayan, dan budak, bentara berpakaian sutra yang membawa tongkat emas dan mengurus kuda serta bagasi.

Pengembaraan monumental ini membuatnya terkenal, terutama di Afrika Barat dan Timur Tengah. Di setiap kota yang dikunjungi karavan, Musa sangat murah hati dan membagikan sebagian dari kekayaannya, yang pasti berdampak pada ekonomi wilayah.

Berkat kekayaannya yang signifikan, Kanku Musa memiliki banyak bangunan keagamaan dan administrasi yang dibangun mulai tahun 1325. Diantaranya adalah masjid, madrasah, dan istana kerajaan di Timbuktu dan Gao. Masjid Sankoré di Timbuktu tetap menjadi mahakaryanya yang luar biasa. 

 

Hal itu memungkinkan pertukaran budaya yang subur antara Mali dan dunia Arab. Beberapa siswa Mali menyempurnakan pendidikan mereka di Mesir dan Maroko, sementara beberapa sarjana Mesir dan Maroko datang untuk belajar di madrasah Sankoré. Saat itu, itu adalah pusat keunggulan budaya Islam di Afrika Barat.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement