Rabu 19 May 2021 04:04 WIB

Ben Ibrahim Olahragawan Muslim di Liverpool Era Victoria

Ben Ibrahim ternyata adalah seorang pemain akrobat profesional.

Rep: Fuji Eka Permana/ Red: Agung Sasongko
Nisan makam Ben Ibrahim yang ditemukan di Liverpool.
Foto:

Ben Ibrahim ternyata adalah seorang pemain akrobat profesional.

Saat ini, wilayah metropolitan Liverpool tempat Preston terletak di dekat ujung utara, berdiri sebagai pilar keanekaragaman, kota yang diakui secara global sebagai salah satu urbanisasi paling ramah dan paling eklektik di dunia. 

Kota ini juga merupakan kota tempat olahragawan profesional Mohamed “Mo” Salah, gelandang superstar untuk Klub Sepak Bola Liverpool di Liga Utama Inggris dan skuad nasional Mesir.

Ketika Nakhuda memulai penelitiannya, dia tidak menemukan catatan lokal tentang Ben Ibrahim. Tapi, Arsip Surat Kabar Inggris menerangi layarnya. Antara tahun 1895 dan 1915, ia menemukan ulasan, artikel, dan iklan tentang sekelompok akrobat keliling dari Maroko, The Achmed Ibrahim Troupe.

Dia mem-posting temuannya di Twitter, dan surat kabar yang berbasis di Lancashire Asian Image menggunakan temuan Nakhuda dalam sebuah cerita tentang sejarah kuburan Muslim awal di daerah tersebut. 

Julie Knifton, seorang juru tulis di pemakaman Preston, menghubungi dia lebih banyak lagi tentang pemakaman Ben Ibrahim. Dia membenarkan bahwa Ben Ibrahim dimakamkan di bagian luar kuburan, tepatnya di kuburan nomor 305.

Dia menjelaskan bahwa semua plot pemakaman digali dari arah timur-barat. “Ini mungkin menjelaskan mengapa kaki Achmed mengarah ke barat,” katanya, bukan ke arah Makkah.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement