Sabtu 08 May 2021 05:55 WIB

540 tahun yang Lalu, Sang Penakluk Bebaskan Konstantinopel

540 tahun yang lalu, Sultan Mehmed II berada pada transisi penting dalam sejarah.

Rep: Rossi Handayani/ Red: Agung Sasongko
Gambar Sultan Mehmet II, atau
Foto:

Pada 29 Mei, kota itu akhirnya runtuh. Hal ini yang membuat Mehmed II mendapatkan gelar "Sang penakluk", dan itu memang pantas disematkan.

Penaklukan kota ini adalah kemenangan paling terkenal dari Mehmed II. Akan tetapi di tahun-tahun berikutnya ia juga memastikan kendali Ottoman atas Serbia, Morea, Trebizond (Trabzon) di wilayah utara Turki modern, serta Bosnia, Albania, dan sejumlah wilayah Anatolia (Turki tengah).

Dia berkuasa hingga 1481 dan secara pribadi berpartisipasi dalam 25 ekspedisi militer. Kemudian menjadikan Istanbul sebagai ibu kota negaranya, yang perbatasannya diperluas dari Sungai Danube ke Kızılırmak. 

Kaisar berhasil menaklukkan sebagian besar wilayah. Selanjutnya meningkatkan kendali Ottoman menjadi lebih dari 2,2 juta kilometer persegi (1,4 juta mil persegi).

Kemenangan Mehmed II datang pada 1480, ketika dia menang di Otranto, Italia, dan berencana bergerak mendekati Roma. Namun, sang penakluk meninggal pada 3 Mei 1481.

Sang penakluk berjuang dalam banyak kemenangan. Dia mengawasi penaklukan Istanbul dan lebih banyak lagi dalam 49 tahun hidupnya. Mehmed II meninggalkan jejak yang tak terhapuskan dalam sejarah, dan warisannya masih hidup hingga hari ini.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement