Sabtu 08 May 2021 05:55 WIB

540 tahun yang Lalu, Sang Penakluk Bebaskan Konstantinopel

540 tahun yang lalu, Sultan Mehmed II berada pada transisi penting dalam sejarah.

Rep: Rossi Handayani/ Red: Agung Sasongko
Gambar Sultan Mehmet II, atau
Foto:

Dia berusaha untuk membuktikan dirinya di mata para tokoh senior Ottoman dan publik. Kemudian juga berusaha untuk mewujudkan tujuan akhirnya membuat sejarah, matanya tertuju pada penaklukan Konstantinopel. Dia segera meluncurkan persiapan untuk pertempuran yang akan datang.

Meskipun kota itu telah dikepung berkali-kali sebelumnya, tidak ada yang mampu merebutnya.  Mehmed II tahu betul bahwa mencapai hal yang mustahil membutuhkan taktik dan wawasan.

Sultan mengumpulkan pasukan besar, dikatakan mencakup lebih dari 200 ribu tentara. Namun beberapa sejarawan menyatakan jumlahnya kurang dari setengahnya. Lalu muncul di depan tembok kota yang kuat dengan penuh keyakinan.

Dia mengepung kota melalui laut dan darat, diikuti oleh gerakan tak terduga. Lewat kapal perang yang naik-turun melalui darat di sekitar area kota Galata, kemudian koloni pedagang kecil Genoa, di sisi Eropa Istanbul modern.

Kampanye militer berlanjut selama lebih dari 50 hari. Ini dipelopori oleh serangan meriam besar-besaran yang menghantam tembok untuk membuka lubang di mana tentara dapat menembus kota.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement