Senin 03 May 2021 16:41 WIB

Bukhara, Kotanya Imam Bukhari dan Ibnu Sina

Bukhara merupakan salah satu kota yang paling terkenal dalam sejarah Islam.

Bukhara, Kotanya Imam Bukhari dan Ibnu Sina
Foto:

Di sana dibangun istana, masjid dengan berbagai ukuran, pasar serta lapangan dan taman. Untuk perlindungan dari serbuan asing, kota ini dilengkapi benteng dan dikelilingi oleh dinding ganda.

Beberapa gerbang disediakan untuk akses keluar dan masuk warganya. Istana dan masjid didirikan dengan arsitektur yang indah.

Kanal air dibangun untuk menyuplai kebutuhan air warga kota dan penghuni istana. Keindahan arsitektur kota Bukhara di Abad Pertengahan membuatnya dijuluki sebagai “Kubah Islam di Timur”. Sebagian di antara bangunan ini masih eksis hingga kini—oleh UNESCO diakui sebagai Situs Warisan Dunia—dan dijadikan sebagai tujuan wisata serta obyek penelitian arkeologis.

Di tengah denyut perkembangan tersebut Bukhara mulai menunjukkan kontribusinya pada ilmu pengetahuan. Perpustakaan istana di kota ini menyimpan banyak koleksi buku berharga yang dimanfaatkan oleh para ilmuwan setempat.

Ada tiga sosok ilmuwan yang dilahirkan oleh dunia intelektual di kota ini. Pertama, ahli kedokteran Ibnu Sina (980-1037 M).

 

sumber : Suara Muhammadiyah
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement