Selasa 27 Apr 2021 17:30 WIB

Malaikat Turun ke Bumi Lailatul Qadar Bawa Pahala Allah SWT

Malaikat turun ke bumi mendoakan hamba Allah SWT yang beribadah

Rep: Ali Yusuf/ Red: Nashih Nashrullah
Malaikat turun ke bumi mendoakan hamba Allah SWT yang beribadah. Ilustrasi malam lailatul qadar
Foto: Anadolu/Arif Hüdaverdi Yaman
Malaikat turun ke bumi mendoakan hamba Allah SWT yang beribadah. Ilustrasi malam lailatul qadar

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA— Mendapat Lailatul Qadar di malam 10 terakhir Ramadhan sangat diharapkan setiap umat Islam yang berpuasa. Pada malam Lailatul Qadar itu iring-iringan malaikat yang dipimpin malaikat Jibril turun ke bumi mendoakan orang yang ibadah.  

Tentang hal itu disampaikan Syekh Maulana Muhammad Zakariyya Al Kandahlawi dalam kitabnya Fadhillah Ramadhan, berdasarkan hadist baginda Nabi Muhammad SAW. Dari Sayyidina Anas RA, Baginda Rasulullah SAW bersabda: 

Baca Juga

 إذا كان ليلةُ القدرِ ؛ نزل جبريلُ – عليه السلامُ – في كَبْكَبَةٍ من الملائكةِ، يُصَلُّونَ على كلِّ عبدٍ - قائمٍ أو قاعدٍ – يَذْكُرُ اللهَ – عز وجل ؛ فإذا كان يومُ عِيدِهم - يعني : يومَ فِطْرِهِم - باهَى بهم ملائكتَه، فقال : يا ملائكتي ! ما جزاءُ أَجِيرٍ وَفَّى عملَه ؟ ! قالوا : رَبُّنا ! جزاؤُه أن يُوَفَّى أجرَه ؛ قال : ملائكتي ! عبيدي وإمائي قَضَوْا فريضتي عليهم، ثم خرجوا يَعِجُّون إلى الدعاءِ، وعزتي وجلالي وكَرَمِي وعُلُوِّي وارتفاعِ مكاني ؛ لَأُجِيبَنَّهم، فيقولُ : ارجِعوا فقد غَفَرْتُ لكم، وبَدَّلْتُ سيئاتِكم حسناتٍ – قال - ؛ فيَرْجِعون مغفورًا لهم

"Apabila tiba Laitul Qadar maka malaikat Jibril turun ke dunia bersama iring-iringan para malaikat dan akan berdoa bagi orang yang berdiri atau duduk mengingat Allah SWT (sibuk ibadah).

Pada hari Idul Fitri, Allah SWT akan membangga-banggakan ibadah-ibadah mereka di hadapan para malaikat yang karena dahulu para malaikat pernah mencela manusia dan berfirman.  

"Wahai para malaikat Ku, apakah balasan bagi orang yang telah menyempurnakan kewajibannya? Mereka menjawab. "Ya Rabb kami hendaknya Engkau memenuhi upah mereka." 

Allah SWT berfirman. "Wahai para malaikat-Ku hamba laki-laki dan hamba perempuan-Ku telah menyempurnakan kewajiban-kewajiban mereka, lalu mereka keluar untuk sholat Id dan berdoa meraung-raung. Sungguh, demi kemuliaan-Ku keagungan-Ku, kehormatan-Ku, keluhuran-Ku, dan ketinggian kedudukan-Ku, pasti Aku kabulkan doa-doa mereka.  

Lalu, Allah SWT berfirman kepada manusia, “Kembalilah kalian! Sungguh telah Aku ampuni dosa-dosa kalian dan Aku ganti keburukan kalian dengan kebaikan kebaikan."  Baginda Nabi SAW Wassalam bersabda, "Mereka pun kembali dengan memperoleh ampunan."( HR Baihaqi dari kitab Miyskat).

Syekh Maulana Muhammad Zakariyya Al Kandahlawi menerangkan hadits di atas menurutnya Alquran dengan jelas telah menyatakan kedatangan malaikat Jibril bersama para malaikat ke dunia ini. Dan masih banyak hadits yang menyebutkan hal tersebut. 

Dalam kesempatan itu, kata Syekh Zakariyya, malaikat Jibril menyuruh seluruh malaikat yang bersamanya menyalami orang-orang yang banyak mengingat Allah SWT. Keadaan para malaikat ini hanya ada di 10 terakhir Ramadhan.

"Pergilah ke rumah orang yang sedang berzikir dan sibuk beribadah, serta berjabat tangan lah dengan mereka!" 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement