Jumat 16 Apr 2021 07:09 WIB

Kumandang Azan Kembali Bergema di Masjid Al Atawlah

Adzan kembali berkumandang di masjid bersejarah Al Atawlah.

Masjid Bersejarah di Arab Saudi (ilustrasi)
Foto: Arab News/SPA
Masjid Bersejarah di Arab Saudi (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, BAHA -- Masyarakat Al Atawlah menyambut gembira adzan kembali berkumandang di masjid bersejarah Al Atawlah. Masjid ini kembali dibuka untuk jamaah menyusul pemugaran dan rehabilitasi masjid yang digagas Putra Mahkota Mohammad Bin Salman dalam program Renovasi Masjid Bersejarah di Kerajaan.

Masjid Al Atawlah, berjarak 30 kilometer di utara kota Baha, dan berlokasi di wilayah bersejarah Al-Atawlah. Masjid ini merupakan yang tertua di wilayah tersebut dan satu-satunya masjid yang menjadi lokasi sholat Jumat pada masa lalu.

Baca Juga

Masjid yang dibangun dari batu tidak beraturan dan atapnya terbuat dari batang pohon juniper ini menampung sekitar 130 jamaah dan menempati area seluas sekitar 300 meter persegi. Terdiri dari ruang sholat dengan langit-langit berdiri di atas pilar kayu melingkar, halaman terbuka, tempat wudhu, tangki air, dan tangga luar ke menara tempat para muazin naik ke atap untuk kumandangkan azan.

Masjid ini memiliki dua pintu masuk, satu di timur dan satu lagi di utara masjid. Setelah selesai proses rehabilitasi, masjid kini terdiri dari ruang sholat utama dan halaman terbuka, bak penampungan air, dan  tempat berwudhu.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement