Rabu 31 Mar 2021 05:17 WIB

Firaun dalam Alquran Nama Orang atau Gelar Raja-Raja Mesir?

Muncul perbedaan tentang peruntukkan firaun yang disebut Alquran

Rep: Ratna Ajeng Tejomukti/ Red: Nashih Nashrullah
Muncul perbedaan tentang peruntukkan firaun yang disebut Alquran. Pemandangan umum Piramida Giza, di Giza, Mesir.
Foto:

Tanda-tanda dalam Alquran, kata peneliti arkeologi tidak ada yang tahu bahwa Firaun adalah nama dan bukan gelar atau status atau posisi. Nuruddin mengatakan nama Firaun ada dalam Nuruddin seperti nama lainnya yang dikisahkan dalam Alquran diantaranya Qarun dan Haman. 

Bagaimana para sarjana Muslim menafsirkan kata "firaun"? Dalam Alquran surah Al Baqarah ayat 49 disebutkan:

وَإِذْ نَجَّيْنَاكُمْ مِنْ آلِ فِرْعَوْنَ يَسُومُونَكُمْ سُوءَ الْعَذَابِ يُذَبِّحُونَ أَبْنَاءَكُمْ وَيَسْتَحْيُونَ نِسَاءَكُمْ ۚ وَفِي ذَٰلِكُمْ بَلَاءٌ مِنْ رَبِّكُمْ عَظِيمٌ

“Dan (ingatlah) ketika Kami menyelamatkan kamu dari (Fir'aun dan) pengikut-pengikut Fir'aun. Mereka menimpakan siksaan yang sangat berat kepadamu. Mereka menyembelih anak-anak laki-lakimu dan membiarkan hidup anak-anak perempuanmu. Dan pada yang demikian itu merupakan cobaan yang besar dari Tuhanmu.”

Imam Al Qurthubi menyebutkan dalam tafsirnya tentang ayat sebelumnya bahwa "Firaun" tidak setuju dengannya, dan dikatakan bahwa itu adalah nama raja tertentu, dan dikatakan bahwa itu adalah nama dari masing-masing raja raksasa seperti Khusra untuk Persia, dan Kaisar untuk Romawi dan Negus untuk Abyssinia, dan bahwa nama Firaun di masa Musa adalah "Qaboos" dalam kata-kata Ahli Kitab Masing-masing penguasa Koptik dan Mesir adalah Firaun.”

Al Mas’udi mengatakan bahwa Firaun tidak memiliki tafsir dalam bahasa Arab, dan Al Jauhari menyebutkan bahwa itu adalah gelar untuk "Al Walid Ibnu Musab", raja Mesir, dan gelar itu berarti Firaun.

Al Qurtubi menyebutkan bukti yang juga menunjukkan bahwa Firaun adalah sifat saja dan bukan nama seseorang. Maksud gelar itu adalah setiap yang melawan dan mendebat disebut dengan firaun. Bentuk jamaknya farainah (utatun). Orang yang bersikap seperti firaun maknanya dia mendebat (ngeyel). Ini juga disebutkan Al Qurthubi bahwa firaun bukan nama tetapi sifat saja. Ini merujuk pada hadits Rasulullah SAW saat Abu Jahal terbunuh: أخذنا فرعون هذه الأمة  “Kita telah mengalahkan firaunnya era sekarang.”

Ibnu Adil dalam Tafsir Al-Lubab Fi Ulum Al-Kitab, menjelaskan bahwa dari penjelasan A Jauhari di atas, kata firaun itu bermakna utuw (membangkang, melawan, ngeyel). Nama firaun Musa adalah Qabus seperti diyakini Yahudi Nasrani, ada juga yang mengatakan Al Walid bin Mush’ab bin Ar Rayyan alias Abu Murrah. Menurut Ibnu Juraih, namanya Mush’ab bin Rayyan, berasal dari Bani Amliq bn Wilad bin Iram bn Sam bin Nuh.   

Imam As Suyuthi dalam Al-Itqan fi Ulum Al-Quran menyebutkan, bahwa firaun adalah gelar. “Sedangkan di antara gelar itu adalah firaun dan namanya adala Al Walid bin Mush’ab, nama aliasnya Abu Al Abbas, Abu A Walid, dan Abu Murrah. Pendapat lain menyebut firaun adalah gelar untuk setiap raja Mesir.”

 

Sumber: masrawy

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement