Senin 29 Mar 2021 20:59 WIB

Bagaimana Awal Mula Yasinan di Malam Nisfu Sya'ban?

Yasinan tiga kali pada malam Nisfu Sya'ban merupakan ranah ijtihadiyah.

Rep: Umar Mukhtar/ Red: Ani Nursalikah
Bagaimana Awal Mula Yasinan di Malam Nisfu Sya'ban?
Foto:

Selain membaca Surat Yasin, amalan menunaikan sholat Muthlaq juga bisa dilakukan pada malam Nisfu Sya'ban. Namun, dia memberi catatan, sholat Muthlaq sebetulnya bisa dilakukan kapan saja dan tidak dikhususkan pada malam Nisfu Sya'ban.

"Jadi kalau niatnya sholat Nisfu Sya'ban itu nggak ada karena memang tidak ada shalat Nisfu Sya'ban. Yang ada itu soalat Sunnah Muthlaq, yang bisa dilakukan kapan saja. Tetapi, karena ada keistimewaan malam Nisfu Sya'ban, maka ketika dilakukan pada malam itu, menjadi lebih baik," ujarnya.

Ketua Komisi Fatwa MUI Prof Hasanuddin Abdul Fatah, menyampaikan, jika ada perbedaan pendapat dalam suatu amalan ibadah, maka hal ini cenderung dikarenakan hadits yang menjadi rujukan adalah dhaif (lemah). Namun, sebagian ulama berpendapat bahwa amalan yang terkandung dalam hadits dhaif tetap bisa diamalkan bila dalam rangka mendorong amal baik dan kedhaifannya tidak signifikan.

Dia pun mengimbau agar masyarakat bersikap bijak, karena perbedaan pendapat seperti ini merupakan hal biasa sehingga tidak perlu dipermasalahkan. "Hadits dhaif, ada yang menolaknya dalam segala hal. Tetapi ada juga yang menerima kalau untuk fadhail a'mal, mendorong amalan-amalan yang baik," ujar dia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement