Senin 29 Mar 2021 20:59 WIB

Bagaimana Awal Mula Yasinan di Malam Nisfu Sya'ban?

Yasinan tiga kali pada malam Nisfu Sya'ban merupakan ranah ijtihadiyah.

Rep: Umar Mukhtar/ Red: Ani Nursalikah
Bagaimana Awal Mula Yasinan di Malam Nisfu Sya'ban?
Foto:

"Karena itu, kita sekarang mengenal amalan di malam Nisfu Sya'ban yang sudah biasa dilakukan oleh umat Islam di Indonesia, khususnya Nusantara, yaitu misalnya membaca Surat Yasin tiga kali," ujar Kiai Sholahudin.

Pada bacaan surat Yasin yang pertama, diniatkan supaya diberi umur panjang dan dijauhkan dari bala sehingga bisa lancar menjalankan ibadah kepada Allah SWT. Kedua, diniatkan agar Allah SWT memberi rezeki yang halal dan thayyib. Ketiga, diniatkan supaya tetap terjaga iman Islamnya sehingga bisa husnul khatimah.

"Ini tertulis di Majmu' Syarif, semacam buku kecil panduan bagi umat Islam awam untuk menjalankan aktivitas keagamaan di masyarakat. Buku itu ditulis dengan huruf Arab pegon. Ini buku yang sudah lama menggambarkan kondisi keberagaman umat Islam di Nusantara," ucapnya.

Kiai Sholahudin menekankan, amalan membaca surat Yasin sebanyak tiga kali pada malam Nisfu Sya'ban merupakan ranah ijtihadiyah para ulama saat itu. Tujuannya agar masyarakat Muslim bisa melakukan amal ibadah di malam Nisfu Sya'ban.

"Jadi seperti itu. Ada dalil umum tentang fadilah (keutamaan) Malam Nisfu Sya'ban. Sedangkan amalan yang dilakukan itu adalah wilayah ijtihadiyah yang dirumuskan oleh para ulama supaya ada kebersamaan dalam melakukan aktivitas ibadah bareng-bareng," tutur dia.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement