Sabtu 27 Mar 2021 05:55 WIB

Manusia Diciptakan Berpasangan, Mengapa Ada yang Sendiri?

Islam sangat menganjurkan pernikahan.

Rep: Meiliza Laveda/ Red: Ani Nursalikah
Manusia Diciptakan Berpasangan, Mengapa Ada yang Sendiri?
Foto:

Mengapa orang tidak menikah?

Terkadang orang mungkin tidak menikah karena orang memiliki standar yang terlalu tinggi dan tidak mau menerima pasangan yang tidak memenuhi daftar kriterianya. Akibatnya, orang itu mungkin menolak lamaran demi lamaran.

Ada pula orang memilih tidak mencari pasangan karena memilih untuk menghindari stress dan menjalani kehidupan melajang. Faktor lain yang dapat menyebabkan kesulitan dalam mencari pasangan mungkin masalah seperti kemandulan atau kecacatan.

Mengapa orang harus menikah?

Menikah datang dengan banyak berkah termasuk menyediakan sumber perlindungan dari dosa karena pernikahan memberikan solusi untuk memenuhi keinginan. Allah berfirman dalam surat Ar-Rum ayat 21:

وَمِنْ اٰيٰتِهٖٓ اَنْ خَلَقَ لَكُمْ مِّنْ اَنْفُسِكُمْ اَزْوَاجًا لِّتَسْكُنُوْٓا اِلَيْهَا وَجَعَلَ بَيْنَكُمْ مَّوَدَّةً وَّرَحْمَةً ۗاِنَّ فِيْ ذٰلِكَ لَاٰيٰتٍ لِّقَوْمٍ يَّتَفَكَّرُوْنَ

Wa min āyātihī an khalaqa lakum min anfusikum azwājal litaskunū ilaihā wa ja'ala bainakum mawaddataw wa raḥmah, inna fī żālika la`āyātil liqaumiy yatafakkarụn. 

"Dan di antara tanda-tanda (kebesaran)-Nya ialah Dia menciptakan pasangan-pasangan untukmu dari jenismu sendiri, agar kamu cenderung dan merasa tenteram kepadanya, dan Dia menjadikan di antaramu rasa kasih dan sayang. Sungguh, pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda (kebesaran Allah) bagi kaum yang berpikir.”

https://aboutislam.net/counseling/ask-the-counselor/faith-and-spirituality/if-everything-is-created-in-pairs-why-are-single-people-left-alone/

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement