Sabtu 27 Mar 2021 05:55 WIB

Manusia Diciptakan Berpasangan, Mengapa Ada yang Sendiri?

Islam sangat menganjurkan pernikahan.

Rep: Meiliza Laveda/ Red: Ani Nursalikah
Manusia Diciptakan Berpasangan, Mengapa Ada yang Sendiri?
Foto:

Allah menciptakan segalanya berpasangan

Allah berfirman dalam surat Yasin ayat 36:

سُبْحٰنَ الَّذِيْ خَلَقَ الْاَزْوَاجَ كُلَّهَا مِمَّا تُنْۢبِتُ الْاَرْضُ وَمِنْ اَنْفُسِهِمْ وَمِمَّا لَا يَعْلَمُوْنَ

Sub-ḥānallażī khalaqal-azwāja kullahā mimmā tumbitul-arḍu wa min anfusihim wa mimmā lā ya'lamụn.

“Mahasuci (Allah) yang telah menciptakan semuanya berpasang-pasangan, baik dari apa yang ditumbuhkan oleh bumi dan dari diri mereka sendiri, maupun dari apa yang tidak mereka ketahui.”

Hasilnya, ada cukup banyak pria dan wanita sehingga semua orang bisa menikah jika mereka mau. Islam sangat menganjurkan pernikahan, terutama dalam kasus jika seseorang tidak dapat mengendalikan keinginannya. Allah berfirman dalam surat An-Nur ayat 32:

وَاَنْكِحُوا الْاَيَامٰى مِنْكُمْ وَالصّٰلِحِيْنَ مِنْ عِبَادِكُمْ وَاِمَاۤىِٕكُمْۗ اِنْ يَّكُوْنُوْا فُقَرَاۤءَ يُغْنِهِمُ اللّٰهُ مِنْ فَضْلِهٖۗ وَاللّٰهُ وَاسِعٌ عَلِيْمٌ

Wa angkiḥul-ayāmā mingkum waṣ-ṣāliḥīna min 'ibādikum wa imā`ikum, iy yakụnụ fuqarā`a yugnihimullāhu min faḍlih, wallāhu wāsi'un 'alīm.

“Dan nikahkanlah orang-orang yang masih membujang di antara kamu, dan juga orang-orang yang layak (menikah) dari hamba-hamba sahayamu yang laki-laki dan perempuan. Jika mereka miskin, Allah akan memberi kemampuan kepada mereka dengan karunia-Nya. Dan Allah Mahaluas (pemberian-Nya), Maha Mengetahui.”

Jadi, jika Anda melihat alasan orang meninggal tanpa menikah bukan karena Allah tidak menciptakan pasangan yang cukup atau melarang pernikahan, tapi karena orang tersebut memilih untuk tidak menikah karena suatu alasan. Entah karena tidak setuju dengan pernikahan atau tidak dapat menemukan pasangan yang cocok.

 

Yuk gabung diskusi sepak bola di sini ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement