Rabu 24 Mar 2021 13:59 WIB

Kisah Nabi Musa dan 70 Kaumnya

Nabi Musa membawa kaumnya ke Bukit Tursina.

Rep: Andrian Saputra/ Red: Ani Nursalikah
Kisah Nabi Musa dan 70 Kaumnya
Foto:

Ada pendapat lainnya yang menjelaskan Nabi Musa sebelumnya berangkat dengan nabi Harun ke bukit Tursina. Kemudian nabi Harun meninggal dalam perjalanan.

Ketika Nabi Musa kembali, kaum bani Israil menanyakan keberadaan nabi Harun. Mereka pun menuduh nabi Musa telah membunuh nabi Harun.

Kemudian Nabi Musa membawa 70 orang dari Bani Israil ke tempat meninggalnya nabi Harun. Sesampainya di sana, Allah menghidupkan kembali nabi Harun dan nabi Harun pun menjelaskan tidak ada yang membunuhnya. Di tempat itu juga terjadilah guncangan dahsyat yang menimpa 70 orang itu. Keterangan ini juga dapat ditemukan dalam kitab Maftihul Ghaib Tafsir ar Razi. 

Ustaz Syahrullah menjelaskan terjadi perbedaan pendapat lagi pada kata rajfata di ayat 155 surat Al A'raf. Ada yang berpendapat guncangan itu terjadi ketika 70 orang itu ingin melihat Allah dan membuat mereka mati.

Tetapi pendapat lainnya menyebutkan 70 orang itu tidak mati dan hanya gemetar. Kemudian nabi Musa berdoa kepada Allah yang doanya sebagaimana tertulis dalam ayat 155 dan 156. Sehingga 70 orang itu hidup kembali.  

 

"Ini pertanda bagaimana seorang nabi kasih sayang dan tanggung jawabnya kepada kaumnya dia mendoakan kaumnya. Dalam berdakwah kita juga harus teladani, bahwa tidak hanya sekadar menyampaikan tapi ada niat yang tulus dalam menyampaikan pesan pada umat dan ada tanggung jawab besar untuk memberikan kebaikan pada mereka," katanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement