Rabu 24 Mar 2021 05:21 WIB

Surat Dakwah Rasulullah kepada Heraklius

Kaum muslimin memiliki semangat untuk menyeru Islam pada dunia.

Surat Dakwah Rasulullah kepada Heraklius. Rasulullah SAW (ilustrasi)
Foto:

Maka Rasulullah SAW menunjuk Dihyat bin Khalifah Al-Kalbi untuk membawa surat beliau kepada kaisar Heraklius. Isi surat tersebut berbunyi sebagai berikut:

“Bismillahir-Rahmanir-Rahim. Dari Muhammad utusan Allah ditujukan kepada Hiraklius penguasa Romawi. Salam sejahtera semoga selalu menimpa kepada orang -orang yang mengikuti petunjuk. Amma Ba’du….

Sesungguhnya aku menjaga engkau kepada seruan Islam. Masuk Islamlah, pasti engkau akan selamat dan Allah akan memberimu pahala dua kali lipat. Jika engkau berpaling, maka engkau memikul dosa rakyatmu.

Hai ahli kitab, marilah berpegang pada suatu kalimat (ketetapan yang tidak ada perselisihan antara kami dan kamu, bahwa tidak kita sembah kecuali Allah dan tidak kita persekutukannya dengan sesuatupun dan tidak pula sebagian kita menjadikan sebagian yang lain sebagai tuhan selain Allah. Jika mereka berpaling, maka katakanlah kepada mereka, “saksikanlah, bahwa kami adalah orang-orang yang berserah diri kepada Allah. (HR. Bukhari dan Muslim).

Surat tersebut sampai ke tangan Heraklius dari Dihyat bin Khalifah Al-Kalbi ketika dia berada di Iliya (Baitul Maqdis, Palestina) saat itu sang kaisar sedang menyempurnakan nazarnya.

 

Link artikel asli

sumber : Suara Muhammadiyah
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement