Jumat 19 Mar 2021 09:39 WIB

Bolehkah Muslim Melakukan Meditasi?

Islam juga mengenal praktik meditasi.

Rep: Meiliza Laveda/ Red: Ani Nursalikah
Bolehkah Muslim Melakukan Meditasi?
Foto:

Kedekatan dengan Allah

Dalam Islam, perkembangan spiritual identik dengan kedekatan dengan Tuhan. Sementara kedekatan itu hanya bisa dicapai melalui ketaatan.

Zikir dan kontemplasi adalah inti dari puasa selama Ramadhan. Jadi, meditasi dalam Islam adalah tafakkur, yakni refleksi atas keajaiban alam semesta yang mengarah pada penghargaan menyembah Allah.

Meditasi Islam yang tepat adalah sesuai dengan prinsip dan praktik ajaran Alquran dan sunnah Nabi. Meditasi adalah istilah yang banyak digunakan dan mencakup berbagai teknik dan praktik.

Oleh karena itu, “meditasi” tidak selalu merupakan konsep atau praktik yang sama seperti yang dipahami oleh beberapa penganut agama tertentu. Dilansir About Islam, meditasi yang dilakukan oleh kelompok agama atau budaya, seperti kelompok Art of Living berisi tindakan, posisi, atau nyanyian yang bertentangan dengan norma Islam.

Jenis meditasi atau praktik yoga semacam itu yang memiliki unsur politeistik tidak diperbolehkan bagi seorang Muslim. Meditasi yang didukung oleh syariah Islam adalah tafakkur (kontemplasi) dan dzikir (zikir) yang dapat diubah menjadi kontemplasi yang membawa penghiburan, ketenangan, dan ketenangan jiwa. 

 

https://aboutislam.net/counseling/ask-about-islam/meditation-prohibited-islam/

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement