Jumat 19 Mar 2021 08:44 WIB

Bahasa Arab: Dulu Pasang, Kini Surut

Apakah bahasa Arab adalah bahasa terkuat di dunia?

Bahasa Arab: Dulu Pasang, Kini Surut
Foto:

Jawabnya hampir pasti: tidak! Bahasa yang paling kuat di dunia saat ini (the most powerful language in the world) adalah bahasa Inggris.

Bahasa Inggris hampir-hampir telah menjadi satu-satunya bahasa global. Globalisasi bahasa Inggris telah melanda seluruh dunia tanpa kecuali.

Penggunaan bahasa Inggris makin meluas, di media seperti film, TV show, internet, dan sosial media, menjadi jalan propaganda yang sangat mengagumkan bagi perkembangan bahasa Inggris. Segala sesuatu ada dalam bahasa Inggris!

Bahasa Inggris mendesak bahasa manapun juga, termasuk bahasa Arab. Kemerosotan bahasa ibu terjadi dimana-mana di seluruh dunia.

Penggunaan bahasa Inggris makin meluas dan mendesak bahasa Arab, bahkan di negara-negara Arab yang berbahasa Arab sebagai bahasa ibu sekalipun! Memang benar kemerosotan bahasa ibu akibat perkembangan bahasa Inggris sebagai bahasa dunia yang terkuat saat ini tidak hanya terjadi di dunia Arab, tetapi juga dialami dan terjadi di hampir seluruh dunia.

Begitu dramatisnya tekanan itu sampai Hayat al-Yaqout, pendiri dan Editor in Chief Rumah Penerbit buku, menulis Arabic vs English: Mother Tongue Threatened by Language Globalization (Kuwait Times, 14 November 2015). Adalah cukup mengejutkan eksistensi bahasa Arab dalam beberapa tahun terakhir ini makin mengundang kekhawatiran yang luas di dunia Arab.

 

sumber : Suara Muhammadiyah
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement