Jumat 19 Mar 2021 08:44 WIB

Bahasa Arab: Dulu Pasang, Kini Surut

Apakah bahasa Arab adalah bahasa terkuat di dunia?

Bahasa Arab: Dulu Pasang, Kini Surut
Foto:

Ada empat bahasa yang paling berpengaruh dalam sejarah dunia, yaitu bahasa Sansekerta, Yunani, Latin, dan Arab. Tiga bahasa yang pertama sudah mati, tetapi bahasa Arab tetap hidup.

Kata Cak Nur “Jangankan membaca bahasa Latin (yang ditulis) ratusan tahun yang lalu, sekarang saja sudah susah. Sementara buku-buku bahasa Arab itu (yang ditulis) sejak ratusan tahun sebelum Nabi dapat dibaca seperti bahasa sekarang. Jadi mukjizat betul bahasa Arab itu” (lihat Nurcholish Madjid, Atas Nama Pengalaman: Beragama dan Berbangsa di Masa Transisi, Kumpulan Dialog Jumat di Paramadina, Paramadina, Jakarta, 2005, hal. 146).

Bahasa Arab sejak hampir lima puluh yang lalu juga telah menjadi bahasa resmi (official language) PBB berikut seluruh badan-badan (councils) di bawahnya. Walhasil, bahasa Arab memiliki kedudukan politik sejajar bersama dengan hanya lima bahasa dunia lainnya, yakni bahasa Inggris, Prancis, Rusia, Spanyol, dan China.

Gengsi, prestasi dan reputasi Bahasa Arab yang sudah tinggi tersebut bertambah terdongkrak lebih tinggi lagi oleh keberhasilan sastrawan Arab Mesir, Naguib Mahfouz, meraih hadiah Nobel bidang sastra pada tahun 1988. Pasalnya, Naguib Mahfouz menulis dalam bahasa Arab.

Bahasa Arab sampai satu dasawarsa yang lalu masih kokoh menjadi bahasa resmi di 22 negara Arab yang tergabung dalam Liga Arab. Dengan estimasi orang Arab berjumlah sekitar 420 juta, di mana 290 juta dari mereka adalah penutur asli (native speaker atau al-natiqun al-arabiyyun), maka bahasa Arab menjadi bahasa terbanyak kelima yang digunakan oleh manusia di planet bumi ini.

Bahkan di Israel, ada banyak sekali warga negara Israel keturunan Arab yang masih tetap setia menjadikan bahasa Arab sebagai bahasa ibu (mother tongue). Apakah dengan demikian bahasa Arab sekarang ini dapat dikatakan sebagai paling kuat di dunia?

 

sumber : Suara Muhammadiyah
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement