Rabu 17 Mar 2021 17:50 WIB

Kaum Quraisy Melakukan Negosiasi dengan Nabi Muhammad

Keislaman Hamzah dan Umar memaksa tokoh Quraisy memikirkan strategi lain.

Kaum Quraisy Melakukan Negosiasi dengan Nabi Muhammad. Suasana kehidupan suku Quraisy di Makkah, masa lalu. (liustrasi)
Foto:

Mereka menilai Utbah sudah kena sihir Muhammad. Orang-orang Quraisy kembali berunding apa langkah mereka selanjutnya setelah misi Utbah gagal. Mereka menduga Muhammad tidak yakin dengan tawaran disampaikan oleh Utbah.

Barangkali kalau mereka yang menyampaikan secara langsung beberapa tawaran itu, Muhammad akan bisa menerimanya. Tapi mereka keliru.

Muhammad sama sekali tidak tertarik dengan tawaran mereka. Akhirnya mereka coba menyampaikan tawaran itu kembali melalui Abu Thalib. Tetapi Nabi Muhammad SAW menolaknya dengan tegas. Nabi menyatakan kepada Abu Thalib:

« يا عم والله لو وضعوا الشمس في يميني والقمر في يساري على أن أترك هذا الأمر حتى يظهره الله أو أهلك فيه ما تركته »

“Paman, demi Allah, kalaupun mereka meletakkan matahari di tangan kananku dan bulan di tangan kiriku, dengan maksud supaya aku meninggalkan tugas ini, sungguh tidak akan kutinggalkan, biar nanti Allah Yang akan membuktikan kemenangan itu ditanganku atau aku binasa karenanya,” (Sejarah Hidup Muhammad, hal. 97).

Nabi SAW betul-betul teguh dengan pendiriannya menjalankan tugas suci menyampaikan risalah Islam. Sama sekali beliau tidak tergoda dengan harta, kekuasaan dan gemerlap dunia lainnya. Nabi akan terus menjalan tugas sucinya apa pun yang terjadi, beliau pasrah sepenuhnya kepada Allah SWT.

Abu Thalib menyampaikan sikap Muhammad kepada Banu Hasyim dan Banu Muthalib. Tokoh tua yang berpengaruh tersebut meminta kepada Banu Hasyim dan Banu Muthalib untuk merapatkan barisan membela dan melindungi Muhammad dari tindakan Quraisy. Mereka dapat menerima usul Abu Thalib tersebut, kecuali Abu Lahab yang tetap menyatakan secara terang-terangan permusuhannya terhadap Muhammad.

 

sumber : Suara Muhammadiyah
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement