Senin 15 Mar 2021 05:59 WIB

9 Perlakuan Istimewa Malaikat Khusus untuk Orang Beriman

Malaikat merupakan makhluk Allah SWT yang sangat istimewa

Rep: Andrian Saputra/ Red: Nashih Nashrullah
Malaikat merupakan makhluk Allah SWT yang sangat istimewa. Ilustrasi mengaji Alquran yang disukai malaikat
Foto:

5. Malaikat bersaksi bagi orang-orang yang berada di majelis ilmu dan dzikir serta menaungi dengan sayapnya.

Sebagaimana diriwayatkan Abu Hurairah, Rasulullah SAW bersabda sebagai berikut ini: 

عن أبي هريرة رضي الله عنه أن النبي صلى الله عليه وسلم: إن لله ملائكة يطوفون في الطرق، يلتمسون أهل الذكر، فإذا وجدوا قوماً يذكرون الله تنادوا: هلموا إلى حاجتكم   

“Sesungguhnya Allah mempunyai para malaikat yang selalu berkeliling di jalan-jalan, dan mencari-cari majelis dzikir, jika mereka mendapati suatu kaum yang berdzikir kepada Allah mereka memanggil teman-temannya seraya berkata: ‘Kemarilah terhadap apa yang kalian cari.” (HR Bukhari) 

6. Malaikat menjaga dan menjadi saksi (amal). Sebuah hadits dari Abu Hurairah, Rasululah berkata: 

عن أبي هريرة رضي الله عنه: أن النبي صلى الله عليه وسلم قال: (إن لله ملائكة يتعاقبون فيكم، ملائكة بالليل وملائكة بالنهار، ويجتمعون في صلاة الفجر وصلاة العصر، ثم يعرج الذين باتوا فيكم، فيسألهم ربهم، وهو أعلم بهم: كيف تركتم عبادي؟ فيقولون: تركناهم وهم يصلون، وأتيناهم وهم يصلون)

“Allah memiliki para malaikat yang bergantian di antara kalian, malaikat pada malam hari dan malaikat pada siang hari,  mereka berkumpul ketika sholat fajar dan sholat ashar, lantas malaikat yang bermalam naik dan Tuhan mereka menanyai mereka -sekalipun Dia paling tahu terhadap mereka- bagaimana kalian tinggalkan hamba-hamba-Ku? Jawab mereka; "Kami tinggalkan mereka dalam keadaan sholat, dan kami datangi mereka juga dalam keadaan sholat. (HR Bukhari).

7. Malaikat turun ketika seorang Mukmin membaca Alquran. Dalan sebuah hadits riwayat Muslim dijelaskan tentang Usaid RA yang membaca Alquran. Pada suatu malam Usaid bin Hudlair tengah membaca Alquran di tempat penambatan kudanya. Tiba-tiba kudanya meloncat, dia membaca lagi, dan kuda itupun meloncat lagi. Kemudian dia membaca lagi, dan kuda itu meloncat kembali. Usaid berkata, "Saya khawatir kuda itu akan menginjak Yahya, maka aku pun berdiri ke arahnya. Ternyata (aku melihat) sepertinya ada zhullah (sesuatu yang menaungi) di atas kepalaku, di dalamnya terdapat cahaya yang menjulang ke angkasa hingga aku tidak lagi melihatnya.

Dalam hadits tersebut dijelaskan bahwa Usaid kemudian menemui Rasulullah. Rasululah kemudian menyuruh Usaid membaca lagi Alquran. Kuda itu pun krmbali meloncat. Dia kemudian melihat seperti zhullah sesuatu yanh menaungi  yang di dalamnya terdapat cahaya yang naik ke atas angkasa hingga saya tidak lagi melihatnya. Rasulullah berkata: 

تلك الملائكة كانت تسمع لك، ولو قَرَأْتَ لأَصْبَحَتْ يَرَاهَا النَّاسُ ما تَسْتَتِرُ منهم "Itu adalah Malaikat yang sedang menyimak bacaanmu, sekiranya kamu terus membaca, niscaya pada pagi harinya manusia akan melihatnya dan malaikat itu tidak bisa menutup diri dari pandangan mereka." 

8. Para malaikat menyampaikan shalawat dan salam kita atas nabi. Sebagaimana diriwayatkan dari Abdullah bin Masud. Rasululah bersabda: 

عن عبد الله بن مسعود رضي الله عنه أن النبي صلى الله عليه وسلم قال: إن لله ملائكة سياحين (ذاهبين) في الأرض يبلغوني عن أمتي السلام

“Allah memiliki malaikat yang berkeliling di bumk menyampaikan salam dari umatku.” 

9. Malaikat menyaksikan pemakaman orang saleh, dan menaungi orang yang syahid dengan sayapnya. 

Dalam sebuah hadits riwayat Nasai  dijelaskan tujuh puluh ribu malaikat menyaksikan pemakaman orang saleh. Sedangkan dalam hadits Bukhari dari sahabat Jabir menceritakan ketika ayahnya syahid, Rasululah mengatakan kepadanya bahwa malaikat masih menaungi ayahnya denfan sayap mereka sampai dibangkitkan. 

 

Sumber: islamweb

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement