Ahad 14 Mar 2021 20:37 WIB

Peran Keagamaan Serba Maskulin, Islam Diskriminatif?

Islam memberikan porsi peran lebih besar kepada kaum laki-laki

Rep: Dea Alvi Soraya/ Red: Nashih Nashrullah
Islam memberikan porsi peran lebih besar kepada kaum laki-laki. Ilustrasi imam sholat.
Foto:

Pengurus Lembaga Kemaslahatan Keluarga NU, Maria Ulfah, menegaskan bahwa Islam tidak partiarkis, walau dia tidak menampik ada sejumlah hal dalam Islam yang mengarah kesana. 

“Sesungguhnya yang patriarki bukan Islamnya, tapi budaya di hampir semua agama dan masyarakatlah yang patriarki,” ujarnya.

Terkait dengan ayat atau hadits yang tampak menyudutkan perempuan, ada yang harus dilihat dengan menggunakan pendekatan mubadalah, yaitu bisa dilihat dari dua sisi. Artinya, hadist tersebut berlaku juga untuk laki-laki, tidak hanya untuk perempuan.

“Misalkan ada ayat yang mengatakan bahwa istri yang membangkang pada suami harus dipukul. Ada tahapan-tahapan sebelum itu. Jika istri membangkang, maka yang pertama dilakukan adalah diberi nasihat. Kedua, dipisahkan tempat tidurnya tapi masih dalam satu rumah. Ketiga, dipukul. Inilah yang digunakan oleh kelompok-kelompok yang memahami ayat secara tekstual, tidak konstekstual,” ujarnya menjelaskan. 

“Ayat ini juga harus dirujuk dengan ayat universal lainnya. Seperti ayat yang mengatakan bahwa suami harus berbuat makruf atau berbuat baik pada istri. Bahkan ada ayat yang mengatakan bahwa seburuk-buruk suami adalah yang memukul istrinya,” sambungnya.

 

Sumber: rumahfiqih 

Yuk gabung diskusi sepak bola di sini ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement