Ahad 14 Mar 2021 18:54 WIB

Benarkah Keluarga Nabi Benci Abu Bakar dan Umar bin Khattab?

Keluarga Nabi Muhammad SAW menghormati Abu Bakar dan Umar

Rep: Muhyiddin/ Red: Nashih Nashrullah
Keluarga Nabi Muhammad SAW menghormati Abu Bakar dan Umar. Rasulullah SAW (ilustrasi)
Foto: republika
Keluarga Nabi Muhammad SAW menghormati Abu Bakar dan Umar. Rasulullah SAW (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Ahlul bait atau keluarga keturunan suci Rasulullah SAW yang memiliki ikatan nasab. Mereka memiliki hubungan yang istimewa dengan dengan sahabat nabi, yakni Abu Bakar dan Umar bin Khattab. Sikap ahlul bait terhadap dua khalifah ini disertai dengan keramahan, keharmonisan, dan rasa saling mencintai.

Ahlul bait menjauhkan diri dari apapun yang telah dilarang Abu Bakar dan Umar. Mereka juga mematuhi perintah kedua khalifah tersebut. Hubungan antara ahlul bait dengan keduanya pun tetap stabil.

Karena itu, tak heran jika Umar menikahi putri Sayyidina Ali dan Fatimah az-Zahra, dan Ali menamai putranya seperti nama Abu Bakar dan Umar. Begitu sebaliknya, ahlu bait juga banyak yang menikahi anak-anak dari Abu Bakar dan Umar.

Seperti dikutip dari laman Islamweb, tidak terjadi ketegangan apa pun di dalam hubungan ahlul bait dan kedua khalifah tersebut, kecuali ketika Fatimah keberatan dengan Abu Bakar karena tidak membagi warisannya.

 

Diceritakan bahwa sepeninggal Nabi SAW, putrinya, Fatimah, meminta kepada Khalifah Abu Bakar agar diberikan warisan dari harta peninggalan Nabi. Namun, Abu Bakar menolak permintaannya. Dasarnya, sabda Rasulullah Saw,

لَا نُورَثُ ما تَرَكْنَا صَدَقَةٌ “Kami para nabi tidak mewariskan harta. Apa yang kami tinggalkan menjadi sedekah [milik umat].” (HR Bukhari dari Aisyah).

Ada sebagian orang yang mengklaim bahwa ada permusuhan yang mengakar antara ahlul bait dan dua khalifah, Abu Bakar dan Umar. Namun, ada beberapa hadits sahih yang dilaporkan para Imam Ahlul Bait bahwa mereka menyatakan cinta dan kesetiaan kepada Abu Bakar dan Umar.

 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement