Ahad 14 Mar 2021 16:25 WIB

10 Dinasti Islam Paling Lama Berkuasa Sepanjang Sejarah   

Dinasti Islam datang silih berganti sebagai bagian dari sunnatullah

Rep: Umar Mukhtar/ Red: Nashih Nashrullah
Dinasti Islam datang silih berganti sebagai bagian dari sunnatullah. Kota Damaskus, Suriah, pusat kekuasaan Dinasti Umayyah.
Foto:

5. Dinasti Ayyubiyah (168 tahun)

Negara Ayyubiyah didirikan Sultan Salahuddin al-Ayyubi di Mesir. Ayyubiyah adalah keluarga Muslim yang menguasai sebagian besar Arab Timur selama abad ke-12 dan ke-13. Tetapi setelah kematian Salahuddin, kerajaannya terbagi antara lima anaknya dan saudara laki-lakinya yang adil menjadi beberapa kerajaan dan emirat, dan banyak wilayah Islam dikuasai di Mesir, Damaskus, Aleppo dan Hama, sampai akhir kekuasaan terakhir dari raja-raja Ayyubiyah pada 1342.  

6. Dinasti Ottoman (623 tahun)

Ini adalah keluarga kerajaan yang berkuasa dari negara-negara kekhalifahan Islam keempat dan terakhir. Kerajaan ini didirikan pada 1299 oleh pendirinya, Osman I ibn Artagul, dari suku Qabi Turki. Jumlah sultannya ada 36 orang, dan yang terakhir adalah Sultan Muhammad VI.

Dinasti Turki Utsmani ini berlangsung selama 623 tahun untuk memerintah sebagian besar Eropa dan sebagian besar negara di Timur Tengah, sampai kekhalifahan jatuh pada 1922, dan Turki modern didasarkan pada reruntuhan mereka. 

7. Dinasti Alawi Mesir (147 tahun)

Didirikan Muhammad Ali Pasha pada 1805, setelah kampanye Prancis meninggalkan Mesir. Keluarga Alawit adalah keluarga Mesir asal Albania yang memerintah Mesir di bawah otoritas nominal Ottoman. Namun, dengan kecerdasannya, dan setelah perang panjang melawan Kekaisaran Ottoman, dia mampu memerintah Mesir sendirian. Keturunannya terus memerintah Mesir hingga 1952, ketika "Revolusi Juli" menggulingkan monarki Mesir.

8. Dinasti Alawi Maroko (352 tahun)

Dinasti ini kembali ke kakek buyutnya Ali bin Abi Thalib. Pendiri pertama negara ini adalah Mulay al-Syarif pada  1664, dan pemerintahan keluarga monarki Maroko berlanjut hingga sekarang.

9. Dinasti Hasyimiyah (dari 1921 hingga sekarang)

Setelah "Pemberontakan Arab" pada 1916, keluarga Hashim menguasai Yordania dan raja pertama mereka adalah Raja Abdullah I pada 1921. Keluarga tersebut masih memerintah Yordania hingga sekarang pada masa pemerintahan Raja Abdullah II bin Al Hussein.

Garis keturunan keluarga Hasyimiyah ini kembali Hasyim, yaitu kakek buyut Nabi Muhammad SAW dari suku Bani Kenana. Keluarga Hasyimiyah terus menguasai sebagian wilayah Hijaz di Jazirah Arab dari 976 hingga 1925 M tanpa gangguan.

10. Dinasti Al Saud (dari 1932 hingga sekarang)

Itu adalah keluarga yang berkuasa di Arab Saudi hingga hari ini, dan Abdul Aziz bin Abdul Rahman Al Saud dianggap sebagai penguasa pertama dalam bentuk modern. Hal ini setelah penyatuan wilayahnya di bawah nama Kerajaan Arab Saudi pada 1932.  

 

Sumber: arabicpost

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement