Senin 08 Mar 2021 05:32 WIB

Jangan Pernah Lupa Baca Basmalah di 14 Amalan Ini

Rasulullah SAW mengajarkan basmallah di setiap amalan mulia

Rep: Ratna Ajeng Tejomukti/ Red: Nashih Nashrullah
Rasulullah SAW mengajarkan basmallah di setiap amalan mulia. Bismillah
Foto:

10. Ketika hendak masuk toilet. Anas bin Malik RA berkata adalah Rasulullah SAW apabila masuk WC, beliau mengatakan: 

بِسْمِ الله اللَّهُمَّ إِنِّي أَعُوذُ بِكَ مِنَ الخُبْثِ وَالخَبَائِثِ “Dengan nama Allah, ya Allah, sesungguhnya aku berlindung kepada-Mu dari setan laki-laki dan setan wanita.” 

11. Ketika melihat seseorang tersandung. Dalam hadits Abul Malih, dari seorang shahabat yang sedang boncengan dengan Rasulullah: 

 لَا تَقُلْ تَعِسَ الشَّيْطَانُ فَإِنَّكَ إِذَا قُلْتَ ذَلِكَ تَعَاظَمَ حَتَّى يَكُونَ مِثْلَ الْبَيْتِ وَيَقُولُ بِقُوَّتِي وَلَكِنْ قُلْ بِسْمِ اللَّهِ فَإِنَّكَ إِذَا قُلْتَ ذَلِكَ تَصَاغَرَ حَتَّى يَكُونَ مِثْلَ الذُّبَابِ

“Aku pernah boncengan bersama Nabi, lalu hewan tunggangan kami tersandung, akupun mengatakan: “celakalah setan!”. Maka Nabi berkata kepadaku: “jangan engkau katakan: ‘celakalah setan’, karena jika engkau mengucapkan itu maka setan itu akan semakin besar hingga besarnya seperti sebuah rumah dan setan akan berkata : ‘ini terjadi karena kekuatanku’, akan tetapi katakanlah: “bismillah“, karena jika engkau mengucapkan itu, setan akan mengecil sampai seperti lalat.” 

12. Saat sedang sakit. Rasulullah bersabda:

ضَعْ يَدَكَ عَلَى الَّذِي تَأَلَّمَ مِنْ جَسَدِكَ، وَقُلْ بِاسْمِ اللهِ ثَلَاثًا، وَقُلْ سَبْعَ مَرَّاتٍ أَعُوذُ بِاللهِ وَقُدْرَتِهِ مِنْ شَرِّ مَا أَجِدُ وَأُحَاذِرُ “Letakkanlah tanganmu di tempat yang kamu rasakan sakit di badanmu, dan ucapkanlah tiga kali bismillah, dan ucapkanlah tujuh kali.”

13. Ketika meletakkan jenazah di kubur. Ibnu Umar RA berkata:  

أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّم، َ كَانَ إِذَا وَضَعَ الْمَيِّتَ فِي الْقَبْرِ قَالَ “Sesungguhnya Nabi apabila memasukkan mayit ke dalam kubur, beliau mengatakan:

“بِسْمِ اللَّهِ وَعَلَى سُنَّةِ رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ  “Dengan nama Allah dan sesuai dengan sunnah Rasulullah SAW.” 

14. Ketika menutup pintu dan mematikan lampu pada malam hari. Rasulullah bersabda: 

إِذَا كَانَ جُنْحُ اللَّيْلِ فَكُفُّوا صِبْيَانَكُمْ، فَإِنَّ الشَّيَاطِينَ تَنْتَشِرُ حِينَئِذٍ، فَإِذَا ذَهَبَ سَاعَةٌ مِنَ اللَّيْلِ فَحُلُّوهُمْ، فَأَغْلِقُوا الأَبْوَابَ وَاذْكُرُوا اسْمَ اللَّهِ، فَإِنَّ الشَّيْطَانَ لاَ يَفْتَحُ بَابًا مُغْلَقًا، وَأَوْكُوا قِرَبَكُمْ وَاذْكُرُوا اسْمَ اللَّهِ، وَخَمِّرُوا آنِيَتَكُمْ وَاذْكُرُوا اسْمَ اللَّهِ، وَلَوْ أَنْ تَعْرُضُوا عَلَيْهَا شَيْئًا، وَأَطْفِئُوا مَصَابِيحَكُمْ

“Apabila sayap malam telah tiba, maka tahanlah anak-anak kecil kalian, karena setan saat itu bertebaran. Bila telah lewat beberapa saat di waktu malam, maka biarkanlah mereka. Kuncilah pintu-pintu dan sebutlah nama Allah atasnya, karena setan tidak dapat membuka pintu yang terkunci. Ikatlah tempat-tempat minum kalian dan sebutlah nama Allah atasnya. Tutuplah tempat-tempat makanan kalian dan sebutlah nama Allah atasnya, walaupun hanya sekedar melintangkan sesuatu di atasnya. Dan matikanlah obor-obor kalian.” 

Sumber: alukah 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement