Jumat 05 Mar 2021 10:42 WIB

Penguasa Hari Pembalasan

Allah dapat bertindak dengan sepenuhnya terhadap semua makhluk-Nya.

Rep: Andrian Saputra/ Red: Ani Nursalikah
Penguasa Hari Pembalasan
Foto:

Kata ad-din memiliki banyak pengertian. Ad-din bisa berarti perhitungan, ganjaran, pembalasan, patuh, menundukkan, dan syariat, agama. Tetapi yang selaras di sini ialah dengan arti pembalasan. 

Jadi maaliki yaumiddiin maksudnya Allah itulah yang berkuasa dan yang dapat bertindak dengan sepenuhnya terhadap semua makhluk-Nya pada hari pembalasan. Pada Tafsir Alquran Kementerian Agama RI dijelaskan pula kepercayaan tentang adanya hari akhirat, yang di hari itu akan diadakan perhitungan terhadap perbuatan manusia pada masa hidupnya dan diadakan pembalasan yang setimpal adalah suatu kepercayaan yang sesuai dengan akal. Sebab itu adanya hidup yang lain, sesudah hidup di dunia ini, bukan saja ditetapkan oleh agama, tetapi juga ditunjukkan oleh akal.

Seseorang yang mau berpikir tentu akan merasa hidup di dunia ini belumlah sempurna, perlu disambung dengan hidup yang lain. Alangkah banyaknya orang yang teraniaya hidup di dunia ini telah pulang ke rahmatullah sebelum mendapat keadilan. Alangkah banyaknya orang yang berjasa kecil atau besar, belum mendapat penghargaan atas jasanya. 

Sebaliknya, alangkah banyaknya penjahat, penganiaya, pembuat onar, yang tak dapat dijangkau oleh pengadilan di dunia ini. Lebih-lebih kalau yang melakukan kejahatan atau aniaya itu orang yang berkuasa sebagai raja, pembesar dan lain-lain.

Maka biar pun kejahatan dan aniaya itu telah merantai bangsa seluruhnya, tidaklah akan digugat orang, malah dia tetap dipuja dan dihormati. Maka, dimanakah akan didapat keadilan itu, seandainya nanti tidak ada mahkamah yang lebih tinggi, Mahkamah Allah di hari kemudian?

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement