Kamis 04 Mar 2021 17:58 WIB

11 Tujuan Penting Diturunkannya Surat Ar-Rahman  

Turunnya surat Ar-Rahman mempunyai sejumlah tujuan penting

Rep: Umar Mukhtar/ Red: Nashih Nashrullah
Turunnya surat Ar-Rahman mempunyai sejumlah tujuan penting
Foto:

Ketujuh, untuk menyampaikan bahwa segala sesuatu di muka bumi ini akan binasa. Dan Allah Yang Mahakuasa adalah kemuliaan dan keagungan yang kekal. 

Kedelapan, untuk menunjukkan bahwa Allah SWT memiliki banyak urusan soal ciptaan-Nya setiap hari. Karena segala yang ada di Langit dan Bumi meminta apa yang mereka butuhkan.

Kesembilan, untuk menyampaikan bahwa Allah SWT akan mengganjar pahala bagi ciptaan-Nya pada Hari Penghakiman. Allah SWT berfirman: 

يَا مَعْشَرَ الْجِنِّ وَالْإِنْسِ إِنِ اسْتَطَعْتُمْ أَنْ تَنْفُذُوا مِنْ أَقْطَارِ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضِ فَانْفُذُوا ۚ لَا تَنْفُذُونَ إِلَّا بِسُلْطَانٍ

"Wahai golongan jin dan manusia! Jika kamu sanggup menembus (melintasi) penjuru langit dan bumi, maka tembuslah. Kamu tidak akan mampu menembusnya kecuali dengan kekuatan (dari Allah)." (QS Ar-Rahman: 33)

Sebagaimana ayat itu, maka jika ingin menghindari hukuman dan hari penghakiman itu, maka tembuslah tetapi ini tidak mungkin terjadi kecuali dengan kekuatan Allah SWT.

Kesepuluh, untuk mengingatkan tentang dunia yang fana ini dan akan datang Hari Pembalasan dan hari dikumpulkannya semua makhluk untuk dihisab.

Kesebelas, untuk mengingatkan soal banyaknya keberkahan yang dilimpahkan oleh Allah SWT dan Allah SWT memberikan teguran bila ada makhluk yang menyangkal-Nya. Hal itu terwujud melalui firman Allah SWT yaitu: 

فَبِأَيِّ آلَاءِ رَبِّكُمَا تُكَذِّبَانِ "Nikmat mana lagi yang kau dustakan?", yang diulang sampai 31 kali.

 

Sumber: islamweb    

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement