Jumat 26 Feb 2021 06:39 WIB

Apa Maksud dari Ayat Alif Lam Mim?

Para mufasir berlainan pendapat tentang makna huruf-huruf muqatta'ah.

Rep: Andrian Saputra/ Red: Ani Nursalikah
Apa Maksud dari Ayat Alif Lam Mim?
Foto:

Namun, ada juga mufasir yang berpendapat huruf-huruf itu adalah nama dari surah yang dimulai dengan huruf-huruf itu. Ada juga mufasir yang berpendapat yang dimaksud dengan huruf-huruf itu adalah huruf itu sendiri. Alif adalah Alif, Lam adalah Lam dan Mim adalah Mim. 

Pendapat mufasir lainnya menjelaskan huruf-huruf itu -yang menjadi permulaan beberapa surat Alquran- difirmankan Allah untuk menarik perhatian manusia terutama bangsa Arab pada masa itu. Sebab, memulai pembicaraan dengan huruf-huruf abjad seperti dalam Alquran belum dikenal oleh bangsa Arab pada waktu itu sehingga menarik perhatian mereka. 

Ada juga mufasir yang berpendapat huruf-huruf itu disebut Allah pada permulaan beberapa surat dalam Alquran hikmahnya adalah untuk menantang. Dalam arti, Alquran diturunkan dalam bahasa Arab,  tersusun dari huruf singkatan seperti Alif Lam Mim dan lainnya, maka bila tak percaya bahwa Alquran datangnya dari Allah, maka cobalah membuat ayat-ayat seperti Alquran.

 

Maka ada penantang yaitu Allah, ada yang ditantang yaitu bangsa Arab, dan ada alat penantang yaitu Alquran. Sekalipun orang-orang Arab fasih berbahasanya, mengetahui seluk beluk bahasa, bahkan sebagian mereka merupakan pujangga, penyair ahli berpidato, namun orang-orang Arab tak mampu menjawab tantangan Alquran dengan membuat ayat seperti Alquran. Ada memang di antara mereka yang mencoba memberanikan diri membuat ayat-ayat penanding Alquran, tetapi hasilnya sangat jauh bahkan menjadi bahan tertawaan bangsa Arab lainnya. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement