Rabu 24 Feb 2021 05:23 WIB

Kisah Hidup Pendiri Mazhab Maliki Imam Malik bin Anas

Imam Malik bin Anas adalah pakar ilmu fikih dan hadits.

Rep: Meiliza Laveda/ Red: Ani Nursalikah
Kisah Hidup Pendiri Mazhab Maliki Imam Malik bin Anas
Foto:

Dia juga memiliki hubungan dengan otoritas terkenal di berbagai belahan dunia Muslim. Imam Malik mulai mengajar di Masjid Nabawi sejak awal hidupnya, saat usianya sekitar belasan atau awal 20-an.

Dia tidak akan mulai mengajar sampai perintahnya untuk belajar agama disaksikan oleh tidak kurang dari 70 gurunya. Beberapa dari mereka datang untuk menghadiri sesi pengajaran mantan murid mereka untuk belajar darinya.

Sebagai seorang tradisionalis konservatif, Imam Malik sangat menghormati hadits Nabi. Sejarah memberi tahu sebelum Imam Malik mulai mengajarkan hadits, dia akan mandi dan memakai pakaian terbaiknya. Dia tidak akan mengizinkan siapa pun meninggikan suaranya terlalu tinggi.

Dikutip Islam Web, selama Imam Malik hidup 90 tahun, dia menyaksikan perubahan Dinasti Umayyah menjadi Dinasti Abbasiyah. Dia bertemu banyak khalifah yang dia perintahkan dengan ilmu dan nasihat.

Ketika Khalifah Harun ar-Rasyid dari Dinasti Abbasiyah mengetahui al-Muwatta, buku yang disusun oleh Imam Malik, dia mengirim utusannya untuk menjemput Imam Malik. Khalifah Harun ingin buku itu dibacakan oleh Imam Malik.

Namun, saat utusan Harun sampai di kediaman Imam Malik, dia dengan sopan menjawab, “Sampaikan salamku kepada Khalifah. Katakan padanya ilmu harus dikunjungi dan tidak boleh mengunjungi orang.” Mendengar jawaban Imam Malik, Khalifah Harun menyalahkannya karena tidak mematuhinya.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement