Jumat 19 Feb 2021 07:59 WIB

Kisah Nabi Sulaiman dan Ratu Semut yang Sayang Rakyatnya

Hamba yang pandai bersyukur akan terus diberi tambahan nikmat dari Allah.

Kisah Nabi Sulaiman dan Ratu Semut yang Sayang Rakyatnya
Foto:

Kisah tentang binatang di dalam Alquran itu banyak. Di antaranya dalam surat Al Baqarah (sapi betina). Al Ankabut (Laba-laba), An Nahl (Lebah), An Naml (semut). Ada juga (Az-Zariyat) kuda perang, unta, lalat, burung, anjing, keledai, katak, kutu, babi, serigala, gajah, nyamuk, paus, dan ular. Dibalik semua itu ada hikmah dan pelajaran untuk kita sebagai orang yang beriman.

Pelajaran penting dari kisah Nabi Sulaiman Alaihissalam dan Ratu Semut ini adalah jauhi kesombongan karena kesombongan akan menjauhkan dari kebijakan. Nabi Sulaiman Alaihissalam dan Ratu Semut yang sangat sayang kepada rakyatnya menjadi pelajaran dan inspirasi kepada para penguasa untuk lebih mengedepankan kepentingan rakyatnya.

Mensyukuri nikmat Allah adalah pelajaran penting yang dicontohkan oleh nabi Sulaiman Alaihissalam. Walaupun beliau banyak keistimewaannya tetapi tetap tawadu kepada Allah, selalu mendoakan orang tuanya, Nabi Dawud Alaihissalam dan tidak menampakkan kesombongan. Di samping itu dalam kisah ini mengandunh pesan janganlah menyakiti binatang terutama semut, karena binatang juga makhluk Allah yang perlu dilindungi.

Akhirnya pada materi ini penulis berpesan pada diri sendiri dan pembaca, bersyukurlah kepada Allah setiap kita melihat binatang walaupun binatang itu terlihat menjijikkan. Suatu kali ada kisah ketika seorang wali Allah berjalan-jalan kemudian melihat seekor anjing yang sakit dan jelek banyak kurapnya, dan orang itu berkata secara tidak disadari, “Anjing kok jelek sekali.”.

Dengan kuasa Allah anjing itu bisa berbicara dan mengatakan, “Wahai orang tua, aku adalah makhluk Allah yang diciptakan Allah dan tak pernah mengeluh, Apa yang Allah berikan kepada saya, maka saya makan dengan berterima kasih kepada Allah karena aku termasuk makhluk Allah yang pandai bersyukur.” Mendengar jawaban anjing itu, sang wali Allah sadar dan minta maaf kepada anjing dan sejak itu, ia tak pernah lagi menyakiti binatang walaupun hanya dengan ucapan.

Demikianlah materi tentang kisah Nabi Sulaiman Alaihissalam dan Ratu Semut yang sangat sayang kepada rakyatnya. Nabi Sulaiman Alaihissalam yang diberi beberapa kelebihan oleh Allah tetapi sebagai hamba Allah, beliau tetap tawadu dan pandai bersyukur. Ada tujuh pelajaran dalam kisah ini mudah-mudahan dapat memberi pencerahan khususnya kepada pribadi penulis dan umumnya kepada pembaca yang budiman.

  1. Kesombongan itu sifatnya hanya sementara karena pada saatnya akan mengalami kehancuran. Ratu semut itu sangat sayang kepada rakyatnya sehingga negara semut dalam keamanan.
  2. Hamba yang pandai bersyukur akan terus diberi tambahan nikmat dari Allah. Itulah pelajaran berharga yang ditampilkan oleh Nabi Sulaiman Alaihissalam. 
  3. Kita sebagai makhluk Allah diajari untuk saling menghormati dan menyayangi walaupun kepada makhluk hidup yang lemah sekalipun. Janganlah sering menyakiti walaupun terhadap semut sekalipun.
  4. Hikmah ilmu itu di atas segala-galanya. Hal ini apa yang pernah dilakukan dari pilihan nabi Sulaiman ketika ditawari oleh Allah dengan tahta, harta, dan dunia tetapi lebih memilih ilmu. Ketika itu nabi Sulaiman Alaihissalam memilih ilmu. Keberkahan ilmu menjadikan tahta, dunia menemaninya.
  5. Perjuangan dan dakwah itu satu kesatuan yang  tidak boleh berhenti. Itulah dua kekuatan nabi Sulaiman Alaihissalam yang menjadikan beliau disegani seluruh makhluk Allah. Dalam hidup ini kata kuncinya dua yaitu perjuangan dan dakwah maka hidup di dunia bahagia, di akhirat akan menuju tempat penuh nikmat yaitu surga.
  6. Semut itu mempunyai sifat kebersamaan, saling menolong, gotong royong, dan mau menghargai maka bersikaplah seperti semut untuk sebuah keberkahan.
  7. Nabi Sulaiman Alaihissalam dan Ratu semut itu sayang kepada rakyatnya sehingga rakyatnya pun sangat patuh dan hormat kepadanya.

 

Link artikel asli

sumber : Suara Muhammadiyah
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement