Jumat 19 Feb 2021 07:59 WIB

Kisah Nabi Sulaiman dan Ratu Semut yang Sayang Rakyatnya

Hamba yang pandai bersyukur akan terus diberi tambahan nikmat dari Allah.

Kisah Nabi Sulaiman dan Ratu Semut yang Sayang Rakyatnya
Foto:

Selain itu, Allah SWT menganugerahkan hikmah ilmu kepadanya, sehingga keberkahannya mencerahkan dan berkemajuan. Beliau menjadi nabi yang saleh,  adil, bijaksana, dan cerdas.

Beliau juga terkenal sebagai raja yang sangat sayang kepada rakyatnya bahkan terhadap seluruh makhluk ciptaan Allah termasuk kepada sekumpulan semut yang lemah. Kisah ini diabadikan oleh Allah dalam Alquran sehingga nama semut menjadi nama surat yaitu An-naml.

Selain kekayaan yang berlimpah dan ilmu yang sangat luas yang dimiliki nabi Sulaiman Alaihissalam, Allah SWT memberikan mukjizat lain kepada Nabi Sulaiman Alaihissalam, yakni dapat menundukkan angin, laut, dan binatang. Dengan keistimewaan itu, ia dapat bepergian mengendarai angin. Itulah keberkahan dari seorang hamba Allah yang pandai bersyukur. Tepat yang Allah janjikan dalam Alquran surat Ibrahim ayat 7,

وَإِذْ تَأَذَّنَ رَبُّكُمْ لَئِن شَكَرْتُمْ لَأَزِيدَنَّكُمْ ۖ وَلَئِن كَفَرْتُمْ إِنَّ عَذَابِى لَشَدِيدٌۭ [١٤:٧]

Dan (ingatlah juga), tatkala Tuhanmu memaklumkan; “Sesungguhnya jika kamu bersyukur, pasti Kami akan menambah (nikmat) kepadamu, dan jika kamu mengingkari (nikmat-Ku), maka sesungguhnya azab-Ku sangat pedih”.

Orang yang bersyukur karena taat kepada Allah, Allah akan menambahkan nikmat dengan diberi tambahan kasih sayang dari-NYa. Orang yang bersyukur kepada Allah dengan kasih sayang kepada sesama makhluk Allah. Allah akan menambahkan nikmat segala kebutuhan dan hajatnya dipenuhi oleh Allah. Itulah yang dialami oleh nabi Sulaiman Alaihissalam.

Nabi Sulaiman Alaihissalam dapat memerintahkan jin dan burung untuk membantunya dalam peperangan. Nabi Sulaiman Alaihissalam pun dapat berbicara dan mengerti bahasa binatang.

sumber : Suara Muhammadiyah
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement