Kamis 18 Feb 2021 10:32 WIB

Rupiah Berpeluang Menguat Hari Ini

Pada pagi ini rupiah masih melemah ke posisi Rp 14.035 per dolar AS

Petugas jasa penukaran valuta asing memeriksa lembaran mata uang rupiah dan dollar AS di Jakarta (ilustrasi)
Foto: Antara/Puspa Perwitasari
Petugas jasa penukaran valuta asing memeriksa lembaran mata uang rupiah dan dollar AS di Jakarta (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Nilai tukar (kurs) rupiah yang ditransaksikan antarbank di Jakarta pada Kamis (18/2) berpeluang menguat seiring indikasi kebijakan pelonggaran moneter oleh bank sentral AS The Federal Reserve (The Fed). Pada pukul 9.37 WIB, rupiah masih melemah 15 poin atau 0,11 persen ke posisi Rp 14.035 per dolar AS dari posisi penutupan perdagangan sebelumnya Rp 13.020 per dolar AS.

"Rupiah berpotensi menguat hari ini terhadap dolar AS seiring dengan tingkat imbal hasil obligasi pemerintah AS yang mulai terkoreksi," kata Kepala Riset dan Edukasi Monex Investindo Futures Ariston Tjendra di Jakarta, Kamis (18/2).

Baca Juga

Ariston menuturkan sikap The Fed yang tertulis dalam notula rapat terakhir pada Januari yang dirilis dinihari tadi, menunjukkan dukungan terhadap kebijakan pelonggaran moneter. Hal tersebut bisa mendukung pelemahan dolar AS hari ini.

Di sisi lain, lanjut Ariston, pasar masih mewaspadai pergerakan imbal hasil (yield) obligasi pemerintah AS yang masih di level tinggi. "Kenaikan yield bisa mendorong penguatan dolar AS lagi dan menekan rupiah," ujar Ariston.

Ariston memperkirakan rupiah pada hari ini akan bergerak di kisaran Rp 13.950 per dolar AS hingga Rp 14.050 per dolar AS. Pada Rabu (17/2) lalu, rupiah ditutup melemah 90 poin atau 0,65 persen ke posisi Rp 14.020 per dolar AS dari posisi penutupan hari sebelumnya Rp 13.930 per dolar AS.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement