Selasa 16 Feb 2021 05:58 WIB

Selain Alquran, Berapa Kitab Suci yang Diturunkan Allah SWT?

Terdapat kitab samawi selain Alquran yang diturunkan Allah SWT

Rep: Andrian Saputra/ Red: Nashih Nashrullah
Terdapat kitab samawi selain Alquran yang diturunkan Allah SWT. Ilustrasi Alquran
Foto:

Kitab Zabur 

Adalah kitab yang diturunkan Allah kepada nabi Dawud. Dan kitab Zabur telah dijelaskan Allah dalam firman-Nya :

وَآتَيْنَا دَاوُودَ زَبُورًا  "….dan Kami berikan Zabur kepada Daud," (QSSurat Al-Isra: 55). Dan Nabi Dawud adalah salah satu dari nabi Bani Israil.  

Suhuf Ibrahim

Adalah apa yang diturunkan Allah kepada Nabi Ibrahim. Dan dijelaskan dalam Alquran:  

صُحُفِ إِبْرَٰهِيمَ وَمُوسَىٰ "Yaitu kitab-kitab Ibrahim dan Musa (QS Al-A'la: 19). 

 

Mengimani kitab samawi

Al-Kutub secara bahasa merupakan jama dari kitab yaitu berasal dari kata kerja kataba atau menulis. Ketiga huruf yang menyusunnya menujukan jamak dan tersusun. Artinya menggabungkan atau menyusun sesuatu dengan sebelumnya. Dan dinamai al-kitab karena menggabungkan isinya secara tertulis.

Maka beriman kepada kitab yaitu percaya dengan apa yang tersusun dan dikumpulkan dalam kitab yang diturunkan Allah kepada rasul-Nya. Baik itu tertulis dalam kitab atau tidak tertulis. Allah berfirman:

قُولُوٓا۟ ءَامَنَّا بِٱللَّهِ وَمَآ أُنزِلَ إِلَيْنَا وَمَآ أُنزِلَ إِلَىٰٓ إِبْرَٰهِۦمَ وَإِسْمَٰعِيلَ وَإِسْحَٰقَ وَيَعْقُوبَ وَٱلْأَسْبَاطِ وَمَآ أُوتِىَ مُوسَىٰ وَعِيسَىٰ وَمَآ أُوتِىَ ٱلنَّبِيُّونَ مِن رَّبِّهِمْ لَا نُفَرِّقُ بَيْنَ أَحَدٍ مِّنْهُمْ وَنَحْنُ لَهُۥ مُسْلِمُونَ

“Katakanlah (hai orang-orang mukmin): "Kami beriman kepada Allah dan apa yang diturunkan kepada kami, dan apa yang diturunkan kepada Ibrahim, Isma'il, Ishaq, Ya'qub dan anak cucunya, dan apa yang diberikan kepada Musa dan Isa serta apa yang diberikan kepada nabi-nabi dari Tuhannya. Kami tidak membeda-bedakan seorangpun diantara mereka dan kami hanya tunduk patuh kepada-Nya." (QS Al-Baqarah: 136). 

Dan ini menunjukan bahwa Alah tidak menurunkan kitab pada semua nabi. Beriman pada Allah juga harus beriman kepada kitab-kitab yang diturunkannya. Yakni keimanan bahwa kitab-kitab itu diturunkan Allah, berasal dari Allah, mengakuinya, dan benar-benar mematuhi perintah Allah yabg ada dalam kitab sucinya dan menjauhi larangannya. 

 

https: mawdoo3

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement