Jumat 12 Feb 2021 08:18 WIB

Kisah Mistis di Balik Turunnya Surat Al-Falaq dan An-Naas

Terdapat kejadian mistis turunnya surat Al-Falaq dan An-Naas

Rep: Umar Mukhtar/ Red: Nashih Nashrullah
Terdapat kejadian mistis turunnya surat Al-Falaq dan An-Naas
Foto:

Aisyah kemudian bertanya, "Wahai Rasulullah, tidakkah engkau meminta dikeluarkan?" Beliau menjawab, "Allah telah menyembuhkanku, sehingga aku tidak ingin memberi pengaruh buruk kepada umat manusia dalam hal itu. Kemudian beliau memerintahkan untuk menimbunnya, maka semuanya pun ditimbun dengan segera." (HR Bukhari dan Muslim)

Dalam riwayat hadits yang serupa, disebutkan Rasulullah SAW mengirim Ali bin Thalib, Zubair bin Awwam dan Ammar bin Yaser untuk mengangkat batu dan mengambil air dari sumur itu. Rasulullah SAW berkata, "Ini adalah sumur yang saya tunjukkan, seolah-olah airnya adalah pacar, seolah-olah diayak oleh kepala setan."

Ketika para Sahabat itu mengeluarkan sisir, ada tali yang diikat di dalamnya dengan sebelas simpul dimasukkan dengan jarum. Lalu Malaikat Jibril datang dan membacakan ayat-ayat dari surat Al-Mu'awwidzatain yaitu Surat Al-Falaq dan An-Naas. Setelah itu Nabi SAW berdiri seakan-akan telah mendapat energi dan beliau pun sembuh.

Lalu Jibril mengucapkan, "باسمِ اللَّهِ أرقيك من كلِّ شيءٍ يؤذيكَ من حاسدٍ وعينٍ اللَّهُ يَشفيكَ"Artinya: "Dengan nama Allah aku meruqyahmu, dari segala sesuatu yang mengganggumu, dan dari keburukan penyakit ‘ain yang timbul dari pandangan mata orang yang dengki. Semoga Allah menyembuhkanmu. Dengan nama Allah aku meruqyahmu." Setelahnya, Jibril mengucapkan ayat-ayat dari Surat Al-Falaq dan An-Naas.

Para Sahabat kemudian bertanya kepada Rasulullah, "Wahai Rasulullah, tidakkah kami akan membunuh orang-orang jahat itu?" Lalu dijawab beliau, "Allah SWT telah menyembukanku, dan saya benci memprovokasi kejahatan terhadap siapapun."

 

Sumber: mawdoo3

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement