Rabu 10 Feb 2021 12:58 WIB

4 Pendapat Mengapa Allah SWT Turunkan Surat Yusuf 

Terdapat empat pendapat tentang turunnya surat Yusuf

Rep: Umar Mukhtar/ Red: Nashih Nashrullah
Terdapat empat pendapat tentang turunnya surat Yusuf. Surat Yusuf
Foto: Republika/ Nashih Nashrullah
Terdapat empat pendapat tentang turunnya surat Yusuf. Surat Yusuf

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Surat Yusuf, yang terdiri dari 111 ayat, memiliki beberapa riwayat mengapa surat tersebut diturunkan Allah SWT (asbabun nuzul). Setidaknya ada empat pendapat ulama yang menyampaikan tentang alasan diturunkannya Surat ke-12 Alquran itu.

Dalam pendapat pertama, pada awalnya sebagian ulama percaya surat Yusuf diturunkan tanpa alasan. Sebab, menurut pendapat mereka, sebagian besar narasi yang menjelaskan tentang alasan turunnya Surat Yusuf tidak valid.

Baca Juga

Mereka yang tergolong dalam pendapat pertama ini meyakini, surat Yusuf memiliki alasan khusus terkait turunnya wahyu tersebut. Hal ini merujuk pada konteks di mana ada dua penanya yang kemudian dijawab melalui surat Yusuf.  Hal itu sebagaimana dalam surat Yusuf ayat 7, Allah SWT berfirman:

 لَقَدْ كَانَ فِي يُوسُفَ وَإِخْوَتِهِ آيَاتٌ لِلسَّائِلِينَ "Sungguh, dalam (kisah) Yusuf dan saudara-saudaranya terdapat tanda-tanda (kekuasaan Allah) bagi orang yang bertanya." 

 

Meski kemunculan ayat tersebut tidak menunjukkan bahwa surat tersebut diturunkan karena alasan tertentu, ayat tersebut dapat dijadikan pelajaran bagi mereka yang bertanya tentang kondisi bangsa-bangsa sebelumnya dan alam semesta.   

Pendapat kedua, menyebutkan...

 

 

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement