Selasa 02 Feb 2021 05:15 WIB

Belajar Adil dari Kisah Nabi Musa

Teladan Nabi Musa tertuang dalam Alquran Surat Al-Qasas.

Rep: Haura Hafizhah/ Red: Ani Nursalikah
Belajar Adil dari Kisah Nabi Musa.
Foto:

3. Keadilan membutuhkan kesabaran

"Dan dia memasuki kota pada saat tidak diperhatikan oleh orang-orangnya dan menemukan di dalamnya dua orang bertempur: satu dari faksi dan satu dari antara musuhnya.  Dan salah satu dari fraksinya memanggil dia untuk membantu melawan musuh dari musuhnya, jadi Musa memukulnya dan secara tidak sengaja membunuhnya.

Musa berkata, “Ini dari pekerjaan Setan. Memang, dia adalah musuh yang nyata dan menyesatkan. "Dia berkata, "Tuhanku, memang aku telah menganiaya diriku sendiri, jadi maafkan aku," dan Dia memaafkannya. Sungguh, Dia Maha Pengampun lagi Penyayang. (Al-Qasas 28: 15-17).

Dari ayat tersebut bisa diartikan gairah bukanlah bagian terpenting dari keadilan. Namun, kesabaran dan kebijaksanaan adalah kunci untuk bisa mencapai keadilan. Sebelum memutuskan suatu tindakan, nilai dengan cermat apa yang akan Anda katakan dan lakukan.  

Bukan tindakan Islam untuk memihak suatu masalah tanpa memahami kedua belah pihak. Keputusan terburu-buru yang didorong oleh kemarahan dan emosi yang tidak terkendali tidak membantu penyebab yang adil. 

Konsekuensinya bisa merugikan. Jadi, kehati-hatian harus dilakukan agar setan tidak memanfaatkan ketergesaan Anda.

Jadi, di dalam Islam diajarkan untuk tidak memberikan keputusan ketika dalam keadaan emosional. Baik sedang sedih, marah atau bahkan lapar. Ini untuk melindungi Anda agar tidak terombang-ambing secara tidak sengaja karena emosi.

Ingatlah seorang Muslim yang tunduk kepada Allah SWT dan menjunjung tinggi keadilan bahkan jika itu bertentangan dengan diri Anda sendiri atau orang tua Anda dan kerabat terdekat. Pasti keadilan sempurna akan datang di akhirat nanti.

 

Sumber: https://aboutislam.net/shariah/quran/quranic-reflections/sacred-justice-lessons-from-the-story-of-prophet-musa-pbuh/

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement