Senin 01 Feb 2021 21:27 WIB

Yang Disampaikan Umar bin Khattab Saat Abu Bakar Dibaiat

Umar bin Khattab menyampaikan nasihat saat Abu Bakar dibaiat

Rep: Umar Mukhtar/ Red: Nashih Nashrullah
Umar bin Khattab menyampaikan nasihat saat Abu Bakar dibaiat
Foto: buku.tokobagus.com
Umar bin Khattab menyampaikan nasihat saat Abu Bakar dibaiat

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Para sejarawan telah mencatat banyak posisi, kepemimpinan, dan juga khutbah Umar bin Khattab.

Banyak khutbah Umar yang diketahui merupakan sesuatu yang melengkapi kebenaran dan memang penting. Ada pula yang menyebutnya nasihat kepada umat Islam. 

Baca Juga

Umar bin Khattab menyampaikan pesan setelah Abu Bakar diangkat menjadi khalifah. Sebelum Abu Bakar berpidato, Umar bin Khattab terlebih dulu menyampaikan pidato kepada umat Muslim saat itu.  

Ibnu Katsir dalam 'Bidayah wa Al-Nihayah' menyampaikan, meriwayatkan pidato Umar bin Khattab yang didasarkan pada riwayat Anas bin Malik. Sanad riwayat ini sahih. 

 

Saat itu Umar bin Khattab menyampaikan bahwa Allah SWT telah menyimpan di dalam diri Abu Bakar sesuatu yang menjadi tuntunan dari Nabi Muhammad SAW.

وإنَّ الله قد أبقى فيكم الذي به هدى رسولَ اللهِ؛ فإنِ اعتصمتُم به هداكم اللهُ لما كان هداه اللهُ، وإنَّ اللهَ قد جمع أمرَكم على خيرِكم، صاحبِ رسولِ اللهِ، وثاني اثنَين إذ هما في الغارِ؛ فقوموا فبايِعوه 

"Jika kalian berpegang teguh padanya, maka Allah SWT akan senantiasa menuntun. Memang, Allah SWT telah mengumpulkan kalian atas segala kebaikan, sahabat Rasulullah dan yang kedua saat ada di dalam gua. Bangunlah, dan bai'atlah dirinya (Abu Bakar)".

Sumber:  https://mawdoo3.com/%D8%AE%D8%B7%D8%A8_%D8%B9%D9%85%D8%B1_%D8%A8%D9%86_%D8%A7%D9%84%D8%AE%D8%B7%D8%A7%D8%A8#cite_note-sszx3DEoDy-1

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement