Sabtu 30 Jan 2021 05:55 WIB

Kematian Nabi Sulaiman yang tak Diketahui Jin, Mengapa?

Nabi Sulaiman meninggal dunia tanpa sepengetahuan bangsa jin

Rep: Ratna Ajeng Tejomukti/ Red: Nashih Nashrullah
Nabi Sulaiman meninggal dunia tanpa sepengetahuan bangsa jin. Ilustrasi meninggal dunia
Foto:

Karena itu, mereka terus bekerja untuknya. Mereka tidak berani membangkang karena takut bila Sulaiman mendatangi mereka dan menghukum mereka. 

Jin bekerja di sekitar mihrab, dan mihrab Sulaiman mempunyai lubang yang terletak di hadapan dan di belakangnya. Dan tersebutlah bahwa ada jin yang hendak kabur berkata, "Bukankah aku ini sakti? Jika aku ingin, dapat saja menembus tembok ini dan keluar dari sebelah lainnya."  

Lalu ia menembus tembok itu dan keluar dari sisi lain. Ternyata tidak terjadi sesuatu pun padanya. Sebelum itu tidak ada satu jin pun yang berani memandang Nabi Sulaiman yang sedang berada di mihrabnya karena ia pasti akan terbakar. 

Kemudian salah satu dari jin itu menembus tembok itu dan kembali, ternyata ketika di dalam ia tidak mendengar suara Nabi Sulaiman. Lalu ia penasaran dan masuk lagi, kemudian kembali dalam keadaan tidak terbakar.  

Lalu ia kembali lagi masuk ke dalam Baitul Maqdis, dan ternyata dirinya tidak terbakar, dan ia melihat Sulaiman terjatuh dalam keadaan tidak bernyawa lagi.  

Kemudian jin itu keluar dan memberitahukan kepada manusia bahwa Sulaiman telah meninggal dunia, lalu mereka mengeluarkannya. Ternyata mereka menjumpai tongkat Nabi Sulaiman yang dijadikan sandaran olehnya telah dimakan oleh rayap. 

Mereka tidak mengetahui sejak kapan Nabi Sulaiman meninggal dunia, akhirnya mereka letakkan rayap itu di atas tongkat dan mereka biarkan rayap itu memakannya hari demi hari dengan menahannya tetap dalam keadaan demikian. 

Akhirnya mereka menyimpulkan setelah berlalu masa satu tahun, bahwa Nabi Sulaiman telah wafat sejak setahun yang silam. Dengan demikian, maka diketahui pulalah bahwa makhluk jin itu tidak mengetahui perkara yang gaib, tidak seperti apa yang didugakan dan disangkakan manusia selama itu. 

Kisah kematian Nabi Sulaiman  diabadikan dalam Alquran surat Saba ayat 14, yang berbunyi: 

فَلَمَّا قَضَيْنَا عَلَيْهِ الْمَوْتَ مَا دَلَّهُمْ عَلَى مَوْتِهِ إِلا دَابَّةُ الأرْضِ تَأْكُلُ مِنْسَأَتَهُ فَلَمَّا خَرَّ تَبَيَّنَتِ الْجِنُّ أَنْ لَوْ كَانُوا يَعْلَمُونَ الْغَيْبَ مَا لَبِثُوا فِي الْعَذَابِ الْمُهِينِ

“Maka tatkala Kami telah menetapkan kematian Sulaiman, tidak ada yang menunjukkan kepada mereka kematiannya itu kecuali rayap yang memakan tongkatnya. Maka tatkala ia telah tersungkur, tahulah jin itu bahwa kalau sekiranya mereka mengetahui yang gaib, tentulah mereka tidak akan tetap dalam siksa yang menghinakan.”

 

Sumber: https://mawdoo3.com/%D9%83%D9%8A%D9%81_%D9%85%D8%A7%D8%AA_%D8%B3%D9%8A%D8%AF%D9%86%D8%A7_%D8%B3%D9%84%D9%8A%D9%85%D8%A7%D9%86#cite_ref-FwyLoIyyFq_3-0 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement